Festival musik jazz bergengsi Jazz Goes To Campus (JGTC) kembali memeriahkan warga Universitas Indonesia (UI), Depok pada 2 Desember 2018. JGTC’18 ini merupakan festival musik jazz yang diadakan setiap tahunnya dan JGTC’18 kali ini merupakan yang ke 41 tahun.

Dengan mengusung konsep yang berbeda-beda setiap tahunnya, kali ini JGTC’18 ke 41th mengusung konsep Bring The Jazz On!. Timoti selaku Program Director menjelaskan bahwa JGTC’18 ingin dapat membawa musik jazz lebih dalam lagi ke ranah kampus.

Karena kita ingin menangkal hal-hal yang menyatakan bahwa musik jazz itu semakin menurun dan redup. Karena memang sekarang kan peminatnya juga mulai menurun, jadi kita ingin menghidupkan kembali musik jazz yang sempat meredup. Kita juga ingin membawakan sesuatu yang baru agar penonton yang datang ke JGTC’18 itu semakin bertambah banyak lagi dan terbukti di tahun ini” ujar Timoti selaku Program Director JGTC’18.

Yang membedakan JGTC’18 dengan acara musik lainnya ialah JGTC’18 bukan hanya sekedar festival musik jazz namun JGTC’18 juga memiliki beberapa rangkaian acara sebelum acara puncak pada 2 Desember 2018 ini.

“Pertama, JGTC’18 ini bisa di bilang the most celebration music jazz di Indonesia karena ini merupakan festival musik jazz terbesar di Indonesia yang pertama kali dibuat. Kita juga mempunya serangkaian acara sebelum acara puncak seperti, band competition agar musisi-musisi muda dapat mengembangkan bakatnya lebih luas lagi, serta terdapat talk show bersama musisi jazz yang sudah profesional pada bidangnya. Bukan hanya itu saja, kita juga ingin mendevelop industri musik jazz di Indonesia khususnya”. Timoti membeberkan serangkaian acara JGTC’18.

Acara yang memakan waktu persiapan selama 10 bulan ini ternyata memiliki keunikan tersendiri loh. JGTC’18 mendirikan empat stage dalam satu malam. Panitia membagi ini berdasarkan aliran-aliran musiknya. Jadi, stage A dikhusus kan untuk musisi jazz yang isinya pure jazz semua. Sedangkan di stage B terdapat aliran musik campuran antara pop jazz dan bisa dibilang mix guest. Kalau di stage C panitia menaruh guest star yang paling banyak mengundang dan paling besar juga stage nya dan kalau stage D, Panitia mengkhususkan untuk musisi yang bisa dibilang rising star.

Dengan banyaknya pihak yang terlibat dalam acara ini, JGTC’18 banyak sekali menyuguhkan guest star yang keren dan mendunia seperti Boyzlife, Samifati dan Dock In Absolute. Bukan hanya musisi mancanegara, terdapat pula musisi jazz tanah air yakni, Glenn Fredly, Reza Artamevia, Dwiki Darmawan, Andien, Kunto Aji, Hivi, Project Pop dan masih banyak lagi.
(Monika| Foto: Instagram)

Send this to a friend