Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia, dan Agen Perdagangan Italia yang berada di Jakarta berkolaborasi dengan Arsitek Cosmas Gozali, LAFLO dan Baskoro Tedjo dan timnya dengan bangga mempersembahkan Italian Design Day edisi kedua.

Design yang dibuat sudah ditempatkan di tempat yang strategis yang diketahui bernama Vivere ALL’Italiana, berlokasi di LAFLO dekat Senayan City dan berjarak kurang lebih 24meter. Tujuannya untuk memberitahu sistem budaya dan produksi di Italia dan tindakan yang baik dalam menggabungkan budaya, ekonomi, bahasa italia dan penelitian ilmiah agar bisa diterapkan di Indonesia.

Ide ini pertama kali dikemukakan oleh H.E. Paolo Gentiloni pada tahun 2016 pada saat adanya urusan dengan menteri luar negeri. Project ini dilakukan untuk memperlihatkan design-desgin italia yang disukai oleh seluruh dunia. Event Italian Design Day ini pertama kali digelar pada 2 Maret 2017 dan sangat berhasil, dengan melibatkan lebih dari 20.000 ahli design di lebih dari 100 kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta.

Di tahun 2018, tema yang diangkat oleh Italian Design Day adalah hubungan antara desgin dengan keberlanjutan, yang terakhir dilihat dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Dimana para masyarakat akan sadar tentang kehidupan di masa datang ketika banyak para pengunjung yang akan datang ke Indonesia sekedar untuk berlibur atau menetap di Indonesia.

Dalam kesempatan Italian Design day yang kedua ini, kementerian Italia dan kerjasama Internasional ini telah menunjuk arsitek Alessandro Luigi Colombo sebagai design ambassador Italia di Indonesia.

Selain itu, Opening dari event ini digelar hari ini Tanggal 1 Maret 2018 berlokasi di LAFLO. Dimana Arsitek Gozmas Gozali akan memperlihatkan art installation disana. Selain itu pada tanggal 2 Maret akan ada seminar dengan tema “Sustainability in tourism: Contributing bisa Destroying” yang akan diadakan di auditorium Institut Kebudayaan Italia jam 4-6 sore.

Bagi kalian para anak design atau kalian yang punya ide menarik tentang “Communal Space In A Sustainable City” bisa mengikuti kompetisi Essay yang diadakan pada tanggal 1 hingga 31 Maret 2018. Kompetisi ini terbuka untuk umum terutama bagi kalian anak arsitektur dan design untuk membantu menyumbang ide-ide kreatif kalian.

 

Vani Ch | Photo : Redaksi

 

Send this to a friend