Inilah Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ketika menjalani ibadah puasa banyak dari yang bermalas-malasan karena kondisi tubuh yang dianggap lemas. Namun, aktivitas setiap hari tetap harus dilakukan tentunya.

Lalu bagaimana agar aktivitas dan puasa kali ini tetap terlaksana dengan baik, tentu harus mengimbanginya dengan kondisi fisik yang sehat. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat berpuasa yang patut untuk disimak.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan di Tubuh

Dehidrasi menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang selama berpuasa, maka minumlah yang cukup. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk minum yang cukup saat sahur dan berpuasa. Ahli gizi Jansen Ongko, memberikan tips dengan menerapkan rumus sederhana saat minum agar kamu tidak dehidrasi selama berpuasa.

“Patokan rumus sederhana agar tidak dehidrasi yaitu 30 ml/kg. Untuk individu dengan berat 70 Kg, maka asupan minimal cairannya adalah 2,1 liter per hari. Selain air mineral, air juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah yang tinggi kadar air, maupun makanan berkuah,” ucap Jansen, dikutip dari Kumparan.com, Sabtu (27/05) lalu.

  1. Kendalikan Nafsu Makan

Jangan makan terlalu banyak baik saat berbuka atau sahur. Makan dengan porsi yang melebihi kebutuhan hanya akan membuat lemak tubuh bertambah.

Terlalu banyak makan juga akan membuat pencernaan tubuh bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan sehingga membuat tubuh menjadi terasa lemas. Kendalikan nafsu makan tentu akan sangat berfungsi bagi puasa kalian.

  1. Berolahraga Teratur

Tetaplah lakukan olahraga meskipun di bulan puasa. Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih bugar.

Sesuaikan jam olahraga agar berdekatan dengan waktu berbuka puasa, sehingga intensitas olahraganya tetap optimal. Puasa bukan berarti untuk berhenti berolahraga pastinya.

  1. Cukup dalam Beristirahat

Perbaiki durasi dan tingkatkan kualitas tidur dengan menciptakan suatu kebiasaan jam tidur yang rutin di saat bulan puasa. Hal ini bisa kamu lakukan agar terhindar dari kekurangan tidur setiap harinya.

Istirahat yang cukup akan sangat berguna bagi kalian ketika berpuasa. Namun jangan salah, istirahat juga jangan terlalu berlebihan akan menganggu aktivitas kalian nantinya.

  1. Rutin Mengecek Kesehatan Tubuh

Bagi kamu yang memiliki masalah medis seperti sakit lambung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani puasa agar terhindar dari masalah medis yang tidak diinginkan. Karena akan berguna bagi kelancaran puasa kalian.

Hanya dengan konsultasi kalian bisa tahu batasan kalian itu di mana. Sehingga melakukan ibadah di bulan suci ini bukan halangan bagi kalian yang memiliki masalah medis tadi.

(RIO | Photo: Kumparan)

Author: redaksi

1377 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Music Video : Ardhito Pramono »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care

Sehatmental.id »

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend