Inilah 6 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh

Almond memang komoditas yang tidak dihasilkan di Indonesia, namun kacang almond ini bisa kita dapatkan ditoko maupun supermarket. Almond Ditemukan di daerah-daerah timteng seperti Iran, Arab Saudi, Lebanon, Turki, Suriah, Yordania dan Israel.

Almond dapat dimakan secara langsung, namun sebaiknya makan pada saat perut kosong untuk memastikan penyerapan nutrisi. Anda dapat merendamnya dalam air semalam, dan makan di pagi hari. Anda juga bisa memakai almond sebagai hiasan untuk berbagai hidangan.

Almond merupakan kacang yang sangat bergizi, sumber yang kaya vitamin E, kalsium, fosfor, bes, magnesium, seng, selenium, tembaga dan niacin. Almond mengandung nutrisi paling banyak, jika dibandingkan dengan semua jenis kacang lainnya.

Ada dua jenis almond, yaitu almond manis dan almond pahit. Biasanya, almond manis untuk dimakan, dan almond pahit untuk membuat minyak almond, yang digunakan untuk menambah rasa pada makanan.

Selain rasanya yang enak, manfaat kacang almond juga dapat membantu menangkal berbagai penyakit berat yaitu :

Mengurangi risiko kanker usus besar

Peneliti menuturkan, konsumsi almond dapat mengurangi kemungkinan kanker usus besar karena kandungan lemak yang terdapat di dalamnya.

Menekan kolesterol

Manfaat makanan yang menekan kolesterol dapat diperoleh karena kacang almond kaya kandungan vitamin E. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel darah terhadap kerusakan, sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol. Sebuah studi mengungkap, konsumsi almond terkait erat dengan peningkatan high density lipoprotein (HDL) atau disebut kolesterol baik dan menekan tingkat low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Menstabilkan tekanan darah

Orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah sistolik, yaitu angka pertama pada pengukuran tekanan darah, hingga 11 persen.

Menghindarkan penyakit jantung

Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat meningkatkan lemak darah yang baik untuk jantung. Sebuah penelitian yang menggunakan almond sebagai camilan dalam pola makan tertentu, mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Mengendalikan tingkat gula darah

Penelitian yang dilakukan terhadap penderita diabetes tipe 2 mengungkap, mereka yang mengonsumsi kacang almond dapat mengurangi obat-obatan dibanding yang tidak mengonsumsi kacang tersebut. Efek samping obat-obatan untuk menurunkan kadar gula darah salah satunya adalah membuat pemakainya sering merasa lapar, sehingga suka melanggar aturan diet diabetes. Anjuran untuk mengonsumsi almond bagi penderita diabetes rupanya membantu pengidap merasa kenyang lebih lama, sehingga kadar gula darah stabil, dan akhirnya pemakaian obat-obatan untuk mengontrol gula darah bisa dikurangi.

Mengurangi berat badan

Susu almond tawar membantu untuk mengurangi berat badan. Lemak jenuh tunggal yang terkandung dalam almond dapat meningkatkan nafsu makan, sementara juga mencegah kelebihan makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah kalori kaya almond , baik untuk orang gemuk dalam membantu mengurangi berat badan mereka.

 

(RAMA | Photo: blogghetti.com)

Author: redaksi

1289 stories / Browse all stories

Related Stories »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Twitter »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care