Ini Dia Sejarah Lahirnya Film Horor

Film horor merupakan salah satu genre perfilman yang paling banyak diminati oleh para penggemar. Faktanya penikmat genre film ini memang menjanjikan industri hiburan. Disamping menyajikan adegan yang selalu memancing emosi para penonton, seperti, rasa takut dan ngeri, alur cerita pun selalu dikemas melibatkan tema kematian, supranatural dan penyakit mental.

Namun, seperti apa sih awal mulanya sejarah film horor yang berkembang di dunia hingga saat ini? Yuk, simak penjelasan di bawah ini yang telah dirangkum Showbiz Indonesia dari berbagai sumber;

Berangkat dari karya sastra klasik bertemakan horor atau gotik seperti, Drakula dan Frakenstein tahun 1931, menjadikan munculnya film horor yang memiliki 3 sub-kategori di Amerika terlebih setelah perang dunia kedua. Kategori pertama adalah horor-kepribadian seperti film Psycho (1960), lanjut, horor-kiamat seperti film Invasion of The Body Snatchers (1956), dan horor-hantu seperti film The Exorcist (1973). Kategori terakhir inilah yang menjadi transisi modern dan film horor terlama.

Namun, dibelahan negara Perancis, kemunculan film Le Manoir du diable (Rumah Iblis) karya George Melies pada tahun 1896 digadang-gadang sebagai film horor pertama di dunia. Sedangkan Jepang sendiri, memulai film horor pertamanya bertajuk Bake Jizo dan Shinin no Sosei, keduanya pun dibuat tahun 1898. Lanjut, film horor terkenal berikutnya ialah Frankenstein yang diproduksi oleh Edison Studio.

Perlu diketahui juga munculnya film horor pada era 1910-an dan 1920-an menginspirasi sineas Jerman, yang dikenal sebagai era Ekspresionis Jerman. Film besutan pertama dari benua Eropa ini bertajuk The Golem karya Paul Wegener yang dibuat pada tahun 1915 silam. Dari era inilah yang menginspirasi film bertemakan vampir pertama yaitu, Nosferatu karya FW Murnau tahun 1922. Perkembangan ini terus berlanjut dengan kemunculan film The Mummy (1932), Bride of Frankenstein (1935), Werewolf of London (1935) dan Son of Frankenstein (1939).

Untuk di tanah air sendiri, film horor diawali dengan tayangnya film Tengkorak Hidoep karya Tan Tjoei Hock tahun 1941 yang mengisahkan petualangan ke pulau angker bernama pulau Mustika. Kemudian dilanjutkan dengan film horor Lisa pada tahun 1971 hingga akhirnya kita mengenal film sekuel Jailangkung dan The Doll 2 yang tayang baru-baru ini.

( KEVIN | Photo: wallcoo.net )

Author: redaksi

1462 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend