Ini Dia Makanan yang Dianjurkan Saat Masa Haid

Masa haid terkadang bisa sangat menyakitkan untuk sebagian perempuan, pasalnya untuk hari pertama hingga ketiga, beberapa perempuan akan merasa nyeri pada perut bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen sehingga otot-otot rahim akan mengalami kontraksi dan menekan pembuluh darah di sekitarnya. Sebelum mengonsumsi obat-obatan penghilang nyeri haid yang kemungkinan lebih besar akan memberikan efek samping, alangkah baiknya untuk mengatasi masalah ini secara alami. Berikut merupakan makanan serta minuman yang akan membantu meredakan nyeri haid:

    • Gandum

Kandungan magnesium pada gandum akan mengurangi rasa kram, selain itu kandungan vit B dan E dapat mengurangi rasa lemah dan membantu memperbaiki mood selama haid.

    • Sayuran hijau

Dengan keluarnya darah dalam jumlah yang cukup banyak, wanita akan merasa pusing, sering lelah hingga ganggan penglihatan. Dengan hal seperti ini wanita dituntut untuk menambah asupan nutrisi yang tersimpan seperti zat besi, magnesium, dan potasium. Zat-zat tersebut dapat ditemukan di sayuran hijau seperti bayam.

    • Nanas

Nanas memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan bromelain. Zat ini dipercaya dapat melancarkan siklus haid serta mengendurkan tegangan otot-otot rahim dan otot perut yang menyebabkan nyeri.

    • Pisang

Kandungan potasium yang tinggi serta vit B6akan selalu baik untuk dikonsumsi karena kandungantersebut dapat meningkatkan mood serta membantu meredakan nyeri akibat kram otot selama masa haid.

    • Daging sapi dan telur

Dua makanan yang kaya protein ini akan meregenerasi sel-sel dan memberikan gizi yang cukup bagi tubuh. Selain itu kandungan protein dalam makanan in akan mencegah anemia akibat keluarnya darah yang cukup banyak selama haid.

    • Ikan

Selama haid, mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 akan sangat baik untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan stabil.

    • Kenari

Kacang-kacangan seperti kenari yang kaya akan omega 3 akan baik untuk dikonsumsi karena dapat mengurangi inflamasi selama haid. Selain itu kandungan vit B6 juga dikenal baik untuk mengurangi rasa kram.

    • Dark chocolate

Cokelat hitam yang kaya akan antioksidan ini akan membantu mengendurkan tegangan otot rahim dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, kandungan serotonin yang terdapat pada cokelat hitam ini juga dpat membantu meningkatkan mood.

    • Yogurt

Mengonsumsi yogurt yang dikenal tinggi kalsium sangat dianjurkan ketika masa haid. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi 1200mg kalsium per harinya akan merasakan nyeri berkurang sekitar 30%.

Itu dia, ladies! Beberapa makanan yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Selain mengonsumsi makanan-makanan diatas, cobalah untuk melakukan olahraga-olahraga ringan seperti yoga sederhana dan stretching.

(Shinta | Foto : hallosehat, utamakankesehatan, guardian, pinterest) – (Editor : Salman)

Author: redaksi

1686 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2018 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2018 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Indonesia Favorit Anda ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend

Desainwebku