Untuk kamu yang sering merasa tiba-tiba kelelahan atau lesu ketika tengah berkegiatan, serta merasa pusing dan pandangan berkunang-kunang secara tiba-tiba, mungkin kamu salah satu penerita anemia. Anemia merupakan keadaan dimana asupan hemoglobin dalam tubuh yang berfungsi memompa oksigen menuju jantung berada pada jumlah di bawah normal. Karena asupan oksigen yang kurang maka mungkin kalian terkadang merasa nyeri pada dada bagian jantung berada. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita usia produktif, pasalnya mereka masih mengalami menstruasi dan hal ini juga berpengaruh pada jumlah darah yang dikeluarkan. Berikut terdapat daftar makanan yang dapat membantu menambah asupan darah:

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam akan sangat membantu menambah asupan darah pada tubuh kamu. Pasalnya, sayur yang satu ini kaya akan zat besi, beta karoten, kalsium, kalium, dan beberapa vitamin yag akan sangat baik untuk tubuh kamu. Selain bayam kamu juga bsa menggantinya dengan kangkung, kol, sawi atau sayuran hijau lainnya.

  1. Daging dan seafood

Dibandingkan sayuran hijau, akmu bisa lebih cepat mendapat asupan darah ketika mengonsumsi daging. Selain itu, dari daging kamu juga akan mendapatkan vitamin B12. Kamu juga perlu makan makanan yang mengandung asam folat yang biasa terkandung pada makanan-makanan laut seperti ikan.

  1. Kurma

Kandungan kurma yang kaya akan mineral ssperti kalsium, zat besi, sulfur, fosfor, kalium, magnesium, dan copper akan sangat membantu dalam menambah asupan darah. Selain itu, kurma juga dikenal baik untuk memberikan energy sehingga kamu tidak akan merasa lesu lagi.

  1. Selai kacang

Selai kacang dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun kandungan zat besi yang ada di dalamnya juga akan sangat kamu butuhkan. Kamu perlu mengonsumsi selai kacang sebanyak dua sendok, dan coba sajikan dengan roti gandum yang juga kaya akan zat besi. Setelah mengonsumsi makanan tersebut coba akhiri dengan meminum minuman yang kaya akan vitamin C karena vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi.

  1. Telur

Kandunga telur yang tinggi akan protein mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga makanan ini cocok untuk kamu yang tidak ingin makan terlalu banyak. Selain itu telur juga meiliki kandungan penting bagi penderita anemia yaitu zinc yang dapat membantu pembentukan darah.

Itu dia daftar makanan yang dapat membantu menambah asupan darah merah dalam tubuh. Namun selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga perlu melakukan olahraga serta pola hidup sehat. Stay health and good luck!

 

(Shinta | Foto: pinterest.com)

Send this to a friend