Masa-masa mendekati liburan terkadang justru bikin beberapa pihak, khususnya mahasiswa mengalami panik dan stress berat. Pasalnya, masa-masa kayak gini mahasiswa muali dihadapin pada numpuknya deadline tugas akhir, belum lagi ujian akhir apalagi tugas kerjaan juga bagi yang udah magang atau ambil kerja paruh waktu. Tapi tenang aja, di masa-masa stress kayak gini, ada beberapa tips yang bisa kamu ikutin buat ngurangin rasa panik kamu. Apa aja tips nya?

  • Kurangi melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting

Usahakan untuk tidak membuka terlalu banyak tab pada laman online kamu. Hal ini untuk menjaga kefokusanmu. Lakukan kegiatan yang menggunakan hp kamu yang tidak begitu penting seminim mungkin, dan jauhkan pikiran kamu dari scrolling-scrolling socmed. Dengan begitu kamu bisa jauh lebih fokus dalam mengejar deadline.

  • Lakukan satu hal pada satu waktu

Maksud dari bagian ini ialah, akan lebih baik jika kamu menyelesaikan satu keseluruhan deadline kamu dalam satu waktu. Usahakan untuk tidak cicil-mencicil kerjaan kamu, sehingga kamu cukup dengan fokus hanya pada satu hal, dengan begitu pun hasil kerjaan kamu juga bisa lebih maksimal. Selain itu, ketika kamu berhasil selesaikan pekerjaan kamu dalam satu waktu, salah satu beban kamu akan segera teringankan.

  • Gunakan timer

Latih dan paksa diri kamu untuk menggunakan timer kapanpun kamu kerja. Karena hal ini akan mendorong kamu untuk bekerja lebih cepat, dan pikiran kamu secara otomatis akan lebih terfokus pada kerjaan kamu. Selain itu, hal ini juga bakal melatih kamu untuk kerja di bawah tekanan.

  • Tambah waktu kerja

Ketika kau sadar bahwa tenggat waktu pengumpulan segala tugas kamu semakin dekat, kamu harus merelakan beberapa bagian waktu luang kamu untuk kerja tambahan. Coba kurangi, atau kalau perlu ambil semua waktu senang-senang kamu untuk sementara waktu kamu gunakan untuk mengerjakan segala kerjaan yang masih kurang. Tentu saja hal ini tidak akan berjalan seterusnya. Ketika kamu telah melewati segala deadline, kamu bisa menggunakan waktu-waktu yang terambil kembali.

  • Keep a can-do mindset

Terakhir, sebelum melakukan segala rangkaian tips di atas, akamu harus yakin ada dirimu sendiri. Kamu harus yakin bahwa kamu bisa menuntaskan segala deadline kamu dengan maksimal. Kamu harus tahu betul bahwa deadline tidak akan selesai hanya dengan merengek ke sana-sini ngeluh banyak deadline yang belum kelar, dan sebagainya.

Gimana? Lumayan juga ka tips nya? Ingat kamu harus yakin dengan dirimu sendiri dan jangan pernah alihkan pikiran kamu ke hal-hal yang gak ngebantu! Happy working!

(Shinta | foto : pinterest.com) – (editor : Dio)

Send this to a friend