Makanan adalah kebutuhan pokok semua orang. Sebelum bepergian atau berlibur menggunakan pesawat, ada baiknya kamu mencari tahu jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat berada di pesawat. Apa saja ya?

  • Yogurt

Sebenarnya tak apa-apa jika kamu ingin menyantap Yogurt kemasan dalam pesawat, tapi kamu harus berhati-hati saat membukanya. Apalagi jika kemasannya tertutup dengan bahan alumunium atau plastik. Saat dalam pesawat, tutup tersebut akan menggelembung dan bisa meledak. Jadi jika ingin menyantapnya, bukalah dengan sangat hati-hati dan jauhkan dari orang sebelahmu.

  • Permen Karet

Mengunyah permen karet saat melakukan perjalanan udara mungkin menjadi pilihan bagi beberapa orang, untuk menghilangkan bosan, menghindari efek tuli karena tekanan udara di pesawat, juga menjaga mulutmu tetap segar. Namun, efek permen karet bagi tubuh kurang baik, apalagi jika kamu sedang dalam perjalanan udara. Seorang ahli gastroenterologi Dr. Robynne Chutkan mengatakan, “Permen karet bisa menyebabkan kembung karena pemanis buatannya, zat itu tak terserap dengan baik oleh usus halus jadi mengalami fermentasi di usus besar. Selain itu, selama mengunyah, kamu memasukkan banyak udara dan menghasilkan gas yang membuat kembung. Belum lagi ada efek diare karena pemanis buatannya juga.”

  • Buah Apel dan Jeruk

Buah apel dan jeruk mungkin pilihan baik untuk kamu jadikan camilan sehat, namun sebaiknya jangan dikonsumsi saat dalam pesawat. Serat dalam buah apel bisa membuat kembung, sementara rasa asam pada jeruk bisa membuat perut merasa nyeri terutama pada bagian hati. Hal itu akan sangat tak mengenakkan, apalagi jika anda sedang menempuh perjalanan jauh.

  • Makanan Berbau Menyengat

Menyantap makanan berbau menyengat tentu akan menganggu kenyamanan penumpang lain. Bersiaplah mendapat teguran kalau kamu membawa dan menyantap sandwich tuna, telur rebus atau apapun makanan dengan aroma bawang putih yang menusuk hidung.

  • Tidak Makan Apapun

Meskipun banyak makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam pesawat, bukan berarti kamu tak mengonsumsi apapun. Justru, kamu harus makan sesuatu untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap bekerja. Pada ketinggian tertentu sistem pencernaan kamu akan mati sementara. Seorang ahli gizi mengatakan bahwa kita diharuskan makan di pesawat supaya gula darah tidak turun, dan membuat  jet lag tambah buruk.

 

NIA | photo: vemale.com

Send this to a friend