Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi media sosial Instagram? Aplikasi penyuguh foto dan video dunia maya dengan berbagai macam fitur penunjangnya, baru-baru ini kembali merilis fitur yang akan menyaingi fungsi Youtube. Fitur terbaru ini dinamai IGTV atau Instagram TV. Hampir mirip dengan Instagram Stories, namun IGTV memiliki durasi yang lebih panjang. Video yang disimpan di fitur ini akan menjadi seperti video-video yang biasa ditemukan di dalam aplikasi video lain sejenis YouTube.

Sesuai dengan pernyataan resmi Instagram lewat rilisnya, IGTV ini memiliki durasi hingga satu jam lamanya, dan dapat ditonton full resolution secara vertikal tanpa harus memiringkan posisi smartphone lebih dulu.

IGTV ini juga memiliki Channels tersendiri, yang secara otomatis akan tersedia di dalam profile pengguna Instagram. Pengguna lain bisa menonton video tersebut kapan saja selama masih tersedia di dalam Channel pemilik video. Berbeda dengan Stories, fitur IGTV ini tidak ada batas waktu 24 jam untuk video-video yang diunggah ke dalamnya dan tidak ada batasan siapa saja yang bisa menggunakan IGTV, karena semua pengguna Instagram bisa mengunggah video mereka di dalam IGTV tersebut.

Untuk pengguna media sosial yang suka banget bikin vlog, fitur terbaru instagram yang satu ini cocok dijadikan alternatif selain youtube. Selain pasang foto yang instagramable, kini instagram bisa dipakai untuk menyimpan video tanpa harus memotong video karena durasinya yang terlalu panjang. Bikin instagram makin seru, bisa unggah foto menarik dan video menarik. Tentunya, fitur ini patut dicoba untuk  Vlogers sejati!

 

 

(Silvi | Foto: Redaksi)

Send this to a friend