Festival budaya adalah jantung kehidupan masyarakat di India, karena India menjadi negara yang sangat spritual. Beragam festival sering diadakan di negara bollywood ini. Sepanjang tahun dan sangat menawarkan cara yang unik untuk melihat budaya India. Jika ingin jalan – jalan ke India, tak ada salahnya untuk ikut menyaksikan atau terlibat langsung didalam keseruan berbagai festival populer di India. Bagi penikmat film – film bollywood mungkin pernah menyaksikan beberapa festival ini muncul dalam beberapa adegan, festival tersebut menambah indah dan memperkaya alur cerita dan suasana dalam film. Berikut ini beberapa festival yang tidak boleh dilewatkan.

1. Onam

Onam adalah festival terbesar dalam setahun di Kerala, India bagian barat. Festival ini dirayakan dengan pakaian baru, dengan menari, lomba perahu ular, olahraga dan berpesta. Festival panen ini dilaksanakan selama sepuluh hari yang sangat kental dengan kekayaan warisan budaya. Masyakat india akan menghias halaman depan rumah mereka dengan bunga yang disusun berdasarkan pola yang sangat indah untuk menyambut Raja Mahabali sebuah kisah legenda setempat.

2. Festival Ganesha

Lokasi yang terbaik untuk merayakan festival ini adalah di Mumbai. Wujud raksasa Ganesha akan diarak sepanjang jalan disertai dengan tarian dan nyanyian. Perayaan ini akan diramaikan dengan beragam bentuk wujud Ganesha yang dibuat dengan teknik cukup rumit. Festival ini untuk menghormati kelahiran Tuhan Ganesha. Ganesha Chaturthi dirayakan di seluruh India. Festival ini menampilkan berabagai acara budaya untuk membangkitkan rasa kebersamaan di masyarakat. Perayaan festival yang berlangsung sepuluh hari ini, di akhiri dengan perendaman patung Tuhan Ganesha ke dalam air. Masyarakat beramai – ramai membawa patung ke sungai, danau, atau laut, yang disertai dengan nyanyian dari Ganapati Bappa Morya.

3. Holi

Holi merupakan salah satu festival yang sangat unik, yang dirayakan oleh masyarakat India. Festival holi ini identik dengan banyaknya warna yang meramaikan perayaannya tersebut. perayaan kemenangan atas kejahatan sekaligus rasa bahagia akan datangnya musim semi dengan melakukan aksi saling lempar tepung yang sudah diwarnai. Inilah sebabnya kenapa holi sering disebut sebagai pesta warna. Acara festival holi ini dilakukan sejak pagi hari, dimana peserta saling mencari mangsa untuk ditaburi dengan tepung berwarna warni disekujur tubuh mereka.

4. Diwali

Festival ini untuk menghormati sekaligus merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Ini adalah bentuk perayaan atas kembalinya Rama dan Shinta ke kerajaan Ayodhya setelah Shinta sempat diculik Rahwana.

Itulah festival – festival yang ada di India, seru banget kan? kalian mau coba yang mana?

(Atik | Foto : Pinterest | Editor : Yolanda)

Send this to a friend