Untuk kamu yang ingin merencanakan liburan ke Jepang, kalian bisa memilih tanggal saat digelarnya suatu festival. Festival-festival di Jepang ini dijamin bakal ramai oleh pengunjung lokal maupun mancanegara. Apa aja sih, festival besar yang sangat populer di Jepang?

  • Gion Matsuri di Kyoto


Gion Matsuri atau Festival Gion menjadi event terbesar di Jepang yang digelar di Kyoto. Selama sebulan penuh, kamu bisa melihat beragam acara menarik yang digelar setiap bulan Juli. Puncaknya, kamu bisa menonton arak-arakan festival yang dinamai dengan Yamaboko Junko. Dan saat malam tiba, kamu bisa hunting makanan khas Jepang di pinggiran Sungai Kamo.

  • Sapporo Snow Festival di Sapporo, Hokkaido


Kalau kamu berkunjung ke Jepang pada musim dingin, jangan lewatkan Sapporo Snow Festival yang diadakan biasanya pada minggu kedua bulan Februari selama 7 hari penuh.

Di Sapporo Snow Festival, kamu bisa menikmati tontonan berbagai macam patung dan bangunan yang dipahat dengan menggunakan es berukuran raksasa yang merupakan hasil karya dari tim-tim yang berasal dari seluruh dunia. Di malam hari, patung-patung es raksasa ini akan disinari dengan pencahayaan yang dramatis dan bisa kamu nikmati hingga pukul 10 waktu setempat. Festival seru di Jepang ini juga diramaikan dengan dibukanya arena skating dan ski yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

  • Hanami (Menikmati mekarnya bunga sakura)


Ketika pohon sakura berbunga, banyak rombongan orang yang mengunjungi taman-taman yang terkenal dengan bunga sakura, seperti Taman Ueno di Tokyo. Mereka datang tidak hanya untuk mengagumi mekarnya bunga tetapi juga untuk berkumpul di bawah cabangnya untuk makan, minum dan untuk menikmati waktu yang menyenangkan, hiburan orang Jepang yang umum selama musim ini. Setiap tahun, Agen Meteorologi Jepang meramalkan kapan bunga akan mekar di setiap daerah lokal. Contoh lain yang memperlihatkan betapa senangnya orang Jepang pada bunga ini, yang menghiasi negeri dengan warna merah muda yang lembut setiap tahun.

  • Obon


Festival Jepang yang satu ini digelar pada pertengahan bulan Agustus. Obon merupakan sebuah prosesi yang berkaitan dengan ritual agama Budha. Masyarakat Jepang akan melakukan berbagi persiapan untuk menyambut arwah  leluhur mereka yang kembali ke rumah. Mereka menyiapkan aneka lentera, makanan yang diletakkan di rumah dan kuil, hingga tari-tarian.

  • Golden Week


Saat golden week, semua destinasi di Jepang hampir dipenuhi oleh wisatawan lokal. Mereka bisa mendapatkan waktu libur selama seminggu penuh sehingga memilih untuk liburan. Golden Week ini meliputi The Emperor Showa Brithday (29 April), Greenery Day (4 Mei), Children’s Day (5 Mei), dan Constitution Day (3 Mei). Mirip dengan libur lebaran di Indonesia, biasanya kesempatan ini digunakan untuk kembali ke kampung halaman atau pergi ke tempat-tempat wisata. Di setiap daerah juga biasanya dilengkapi dengan festival yang menampilkan sesuatu untuk ditampilkan.

NIA | photo: istockphoto.com

Send this to a friend