Bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat di nanti-nantikan bagi umat muslim. Selain menahan makan dan minum kita juga harus menjaga hawa nafsu serta mengendalikan emosi, Dibalik bulan puasa ini terdapat beberapa fakta unik yang terjadi saat bulan ramadhan, berikut selengkapnya:

  • Perbedaan waktu berpuasa di berbagai negara

Terdapat perbedaan durasi waktu, karena ketidaksamaan letak titik kordinat pada setiap negara, hal ini menyebabkan kapan matahari terbit dan kapan matahari tenggelam. Oleh sebab itu umat muslim harus menjalankan ibadah sesuai dengan waktu berpuasa di negaranya.

 

  • Bulan berbagi kebaikan

Pada saat bulan suci ini adalah kesempatan umat muslim berlomba-lomba untuk mencari kebaikan demi memperoleh pahala sebanyak mungkin. Berbagai kegiatan kebaikan dilakukan seperti membagikan takjil sebelum buka puasa, beramal atau santunan anak yatim atau lansia dan zakat.

 

  • Jam kerja berkurang

Disejumlah negara memberlakukan pengurangan jam kerja bagi umat muslim yang menjalani ibadah puasa. Seperti contoh di Oman yang mayoritas masyarakatnya beragama islam, negara tersebut menetepkan aturan wajib bagi setiap perusahaan mematok jam kerja pada saat bulan ramadhan kurang dari 6 jam. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan yang sama.

 

  • Tayangan program religi di televisi

Banyak stasiun televis memberikan program tayangan bernuansa islami yang bermacam-macam seperti variety show, ceramah, sinetron religi, baik pada saat sebelum berbuka puasa maupun sahur dari berbagai stasiun televisi.

 

  • Promo atau diskon besar-besaran

Hal ini akan kita temukan di mall, supermarket, dan toko online pada saat bulan ramadhan menjelang hari raya idul fitri, sebab tradisi masyarakat Indonesia akan bebondong-bondong belanja kebutuhan rumah tangga maupun baju untuk menyambut hari besar tersebut.

 

  • Buka puasa bersama

Bagi kalian pasti sudah menjadwalkan dari jauh-jauh hari rencana untuk buka puasa bersama dengan kekasih, teman sd hingga kuliah, ataupun kerabat kantor lalu membooking di suatu tempat. Momen ini lah yang seru dan menarik, pasalnya buka puasa bersama ini bisa jadi ajang reuni, lho! Tapi hati-hati jangan sampai hanya wacana saja ya…

 

(Amalia R. | Foto: Pinterest.com)

Send this to a friend