Takut berenang di laut? Atau ingin merasakan sensasi mengapung di air laut dan menikmati bagaimana view laut mati tanpa harus ke Yordania? Jangan khawatir! Indonesia yang kaya dengan pulau-pulau pun memiliki laut mati yang tak kalah seru dan indah seperti di Yordania. Tepatnya, laut mati Indonesia ini terletak di Pantai Tureloto, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara.

Seperti di Yordania, Pantai Tureloto disebut sebagai laut mati karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Begitu pun juga di laut Pantai Tureloto ini, kadar garam yang tinggi inilah menyebabkan orang yang berenang di lautnya akan mengapung. So, tidak usah takut tenggelam jika tidak bisa berenang. Karena badan akan dengan sendirinya mengapung di permukaan air laut, tentu sensasinya pun sangat luar biasa. Mengapung di laut dengan pemandangan eksotis.

Karena terletak di sebelah barat Indonesia, menjadikan Pantai Tuureloto ini kaya akan sunset yang memukau. Dengan paduan warna jingga saat senja, ditambah pemandangan yang menawan, juga  sambil berjemur di atas hamparan pasir putih, menjadikan waktu terasa lebih sangat berharga. Tak kalah indah, laut mati Indonesia Pantai Tureloto ini pun kaya dengan biota laut yang bisa dinikmati sambil terapung-apung di air.

Selain kadar garam yang tinggi, Pantai Tureloto ini pun terlihat sangat indah dengan pemandangan laut yang dipenuhi batu karang tinggi berjejer membentuk benteng di laut. Batu karang ini muncul ke permukaan laut akibat gempa dan tsunami yang terjadi 2005 lalu di pesisir Sumatera. Batu karang inilah yang seringkali menghalang ombak air laut dan memunculkan alunan suara ombak yang menenangkan dengan desiran air yang jernih.

Dari soal kuliner pun tak kalah, di sekitaran pantai Tureloto ini tentunya tersedia aneka jajakan kuliner khas Nias dan makanan ala pantai yang bisa dinikmati ketika lapar melanda atau ketika sekadar ingin nyemil santai. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, nikmati kekayaan alam tanah air tercinta.

 

 

(Silvi | Foto: traverse.id | Editor: Amalia R)

Send this to a friend