Mengonsumsi ikan amat dianjurkan bagi mereka yang ingin hidup sehat. Hal ini dikarenakan ikan memiliki protein yang lebih tinggi ketimbang hewan darat. Namun, yang menyebalkan saat menyantap ikan adalah durinya. Bagi yang tidak teliti, duri-duri itu bisa ikut tertelan bersama makanan lain. Mending kalau langsung masuk ke perut. Nah, kalau tersangkut di tenggorokan, susah-susah gampang menyingkirkannya.  Terlebih bila tidak segera disingkirkan, duri yang tersangkut tersebut bisa menyebabkan infeksi.

Nah, berikut ada cara mudah menyingkirkan duri ikan dari kerongkongan Anda, yuk simak!

  1. Jangan menggunakan tangan

Wajib diingat jangan pernah untuk mencoba mengeluarkan duri dengan menggunakan tangan yang dimasukkan kedalam kerongkongan. Karena hal tersebut akan meyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan kamu, apalagi kalau tangan kamu tidak bersih.

  1. Batuk

Untuk pertama kalinya yang bisa dilakukan adalah dengan cara batuk. Karena ada beberapa kasus, dengan batuk yang kencang mampu mengeluarkan duri ikan yang terdapat didalam kerongkongan kamu.

  1. Minum air garam

Minum campuran segelas air hangat yang telah ditambahkan dengan sejumput garam. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk kedalam saluran pencernaanmu.

  1. Telan sekepal nasi

Ambil nasi hangat segenggam tangan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Tetapi harus diingat, jangan terlalu besar karena untuk menghindari risiko tersedak. Lalu telan sekepal nasi hangat tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu. Kemudian minum segelas air untuk membantu nasi mendorong duri lepas dari kerongkongan mu.

  1. Menelan marshmallow

Selain dari nasi untuk alat bantu menghilangkan duri didalam kerongkongan, kamu juga dapat menelan beberapa marshmallow, caranya kunyahlah marshmallow tersebut, tetapi jangan sampai halus dan biarkan sedikit kasar, kemudian telan. Hal ini dilakukan karena marshmallow mempunyai tekstur yang tebal dan kenyal, harapannya ketika terkena air liur berubah menjadi lengket dan kemudian duri akan menempel pada marsmallow dan luruh menuju pencernaanmu.

Nah itu dia cara untuk melepaskan duri ikan yang menggangu pada kerongkongan kita. Cara yang mana yang sering kamu lakukan jika tertelan duri ikan?

 

(Livia Junita | Foto: bangkapos)

Send this to a friend