Kita harus mengakui bahwa teknologi akan terus berkembang di era digital ini. Pemindahan dan pertukaran informasi sudah hampir semua berbasis teknologi modern. Semua orang tua pasti sangat mengkhawatirkan keamanan serta informasi – informasi yang diperoleh random yang diterima oleh sang anak apalagi usianya masih di bawah umur. Zaman sekarang, banyak anak – anak dibwah umur dapat mengakses gadget dengan mudah. Nah pasti semua orang tua ingin meminimalisir penggunaan gadget anak agar tidak kecanduan kan? Yuk intip cara – caranya.

1. Berikan peraturan mengenai durasi penggunaan gadget. Jadi orangtua harus disiplin dalam hal ini agar si anak tetap dapat melakukan aktivitas lainnya yang lebih penting seperti belajar dan membaca buku. Kasih durasi sekitar antara 30 – 45 menit untuk bermain gadget.

2. Berikan mereka penjelasan dan dampak apa saja jika menggunakan gadget terlalu lama. Buat penjelasan agar mudah dipahami sang anak tanpa harus memarahinya. Dengan ini sang anak akan dapat lebih mengerti akibat – akibat dari penggunaan gadget terlalu lama.

3. Mengajak anak untuk mengahabiskan waktu bersama. Hal ini sangat sederhana sekali karena semua anak pasti akan turut dengan ajakan orang tua untuk jalan – jalan. Contohnya seperti pergi ke taman bermain atau melakukan aktivitas yang dapat dilakukan bersama. Meningkatkan rasa senang dan jauh dari gadget.

4. Mengajak anak untuk lebih banyak bersosialisasi dengan teman – teman seumurannya. Misalnya seperti mengajak teman – temannya untuk bermain di rumah agar dapat menghabiskan waktu bersama dan melupakan gadget mereka karena terlalu asik bermain.

(Raka| Foto: wajibbaca.com| Editor: Monika)

Send this to a friend