Terkadang, kesuksesan akan menghampiri mereka yang berani mengambil langkah serta keputusan besar dalam hidup mereka.  Bahkan tidak jarang orang-orang yang mengejar kesuksesan tersebut akan rela meninggalkan segala kehidupan yang telah penuh dengan kenyamanan demi mimpi tersebut. Dan meninggalkan segala kenyamanan tersebut merupakan hal yang sangat sangat sulit untuk dilakukan. Dengan keputusan untuk berani mengambil langkah besar dalam kehidupan, maka itu berarti bahwa kamu juga harus siap untuk menerima segala kemungkinan yang mungkin akan membuat kamu merasa ingin menyerah. Jika kamu merupakan salah satu orang yang mulai ingin mencoba meninggalkan kehidupan nyaman dan belum tahu harus memulai dari mana, beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu kamu.

  1. Tentukan langkah yang akan kamu lakukan sebagai awal perpindahan kamu. Hal ini merupakan hal yang penting untuk kamu pertimbangkan. Jika memang kamu merasa belum siap untuk seketika mengambil keputusan besar, cobalah untuk memulainya dengan langkah-langkah kecil yang akan menggiring kamu menuju langkah yang lebih besar.
  2. Latih diri kamu untuk menerima segala cibiran yang mungkin akan terus menerus datang kepadamu. Terkadang melakukan perubahan yang besar akan membuat beberapa orang terpancing untuk mencibirmu. Dalam hal ini kamu harus siap untuk menjawab segala cibiran mereka tanpa terpancing amarah, cobalah berpikiran positif untuk menganggap segala cibiran serta kritikan mereka dikarenakan mereka tidak memiliki cara berpikir yang sama denganmu, dan cobalah untuk menjelaskan tujuan kamu atas keputusan mu itu.
  3. Jangan mudah menyerah pada percobaan pertama yang mungkin tidak bisa sesukses seperti yang kamu bayangkan. Justru dengan segala kegagalan tersebut kamu akan dengan sendirinya terlatih untuk lebih bijak dan berhati dalam menentukan segala keputusan kamu.
  4. Terapkan mindset bahwa segala perubahan dan keputusan yang kamu ambil adalah demi kebahagiaan kamu. Dengan begitu kamu tidak akan merasa terlalu terpuruk ketika kegagalan menghampirimu.
  5. Kenali dirimu sendiri. Dengan mengenali diri kamu sendiri, kamu mungkin akan terhindar dari keputusan-keputusan bodoh dan ceroboh. Karena ketika kamu mengenali diri kamu sendiri, kamu pasti akan mengetahui segala kekuranganmu dan mencoba untuk membuang jauh-jauh segala sesuatu yang mungkin tidak akan bisa kamu pecahkan dan selesaikan.
  6. Selalu ingat kalimat “no one’s perfect”. Dengan begitu, kamu akan bisa menerima segala kekurangan diri kamu sendiri dan menemukan keunikan dalam diri kamu. Jangan pernah takut untuk jadi berbeda, karena beda bukan berarti buruk. Justru terkadang sesuatu akan terlihat lebih indah ketika hal tersebut terdiri dari beberapa hal yang berbeda.

Mungkin itulah beberapa tipsa yang bisa kamu lakukan sebagai bekal awal hijrah kamu. Semoga bermanfaat dan good luck!

 

(Shinta | Foto: iBelieve.com)

Send this to a friend