Benar-Benar Lapar Atau Hanya Lapar Mata?

Lapar dan menginginkan suatu makanan bisa disebut sebagai food craving. Food craving adalah keinginan kuat seseorang untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Food craving berbeda dengan craving yang ditumbulkan karena rasa lapar, food craving timbul karena faktor-faktor tertentu. Baik faktor internal maupun faktor eksternal, misalnya faktor emosional, hormonal serta gabungan dari proses biokimia.

Sebagai contoh, kecenderungan orang terhadap food craving ialah terlihat menyantap camilan saat sedang menonton televisi. Tanpa anda sadari pada saat itu sebenarnya tubuh tidak memerlukan camilan, tetapi karena merasa ada yang kurang, anda pun menonton televisi sambil memakan camilan tersebut. Jika kebiasaan ini terus berlanjut jelas akan memicu ketergantungan atau food addiction pada makanan atau minuman yang di konsumsi dan bisa menyebabkan obesitas.

Maka dari itu sebaiknya makan seperlunya saja ya gengs agar tidak menyebabkan ketergantungan. Jika terlalu banyak mengonsumsi gula atau tepung yang kemudian akan diubah menjadi gula darah dalam tubuh, kadar gula akan naik dan turun dengan cepat dan
menyebabkan menjadi mudah lapar. Cermati lagi apakah kamu benar-benar lapar atau hanya lapar mata yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuhmu.

(SALMAN | foto: sohabba-z.net)

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend