Beberapa Fakta Tentang Sejarah Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek akan dirayakan sebentar lagi, tepatnya pada tanggal 16 Februari 2018. Hal ini tentu saja menjadi satu momen yang ditunggu-tunggu bagi masyarakat Tionghoa, terutama anak-anak. Di Negara asalnya, Tahun Baru Imlek juga dirayakan sebagai awal dari Pergantian Musim Semi. Nah, dibawah ini adalah beberapa fakta mengenai Tahun Baru Imlek:

  • Sudah 3800 tahun

Menurut sejarah, tradisi Perayaan Musim Semi atau Imlek ini sudah berumur 3.800 tahun di China. Tepatnya pada zaman Dinasty Shang (abad ke-17 SM).  Tetapi, ketika Pemerintahan Kaisar Wudi saat Dinasti Han (202 SM- 220 M), penetapan Tahun Baru Imlek mulai diluruskan mengikuti kalender China dan diikuti hingga sekarang.

  • Menandakan Shio Baru

Menurut tradisi masyarakat Tionghoa, mereka memiliki 12 Shio yang akan berganti setiap Tahun Baru Imlek. Dan tahun ini adalah Shio anjing. Dimana mereka percaya bahwa siapapun yang lahir ditahun ini memiliki Shio anjing.

  • Perayaannya Berlangsung 15 Hari

Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya berlangsung selama 15 hari terhitung dari awal mereka merayakan. Di Negara asalnya, Perayaan Tahun Baru Imlek di tutup dengan Perayaan Cap Go Meh atau festival lentera. Di Indonesia, Cap Go Meh juga dirayakan untuk mengakhiri Perayaan Tahun Baru Imlek.

  • Memiliki Unsur Warna Merah

Tahun Baru Imlek juga akan dimeriahkan dengan berbagai atribut berwana merah. Contohnya lentera, kertas, pakaian hingga lampu jalan, semuanya serba merah. Dalam budaya China, warna merah diidentikkan sebagai simbol kebahagiaan, kesehatan dan kemakmuran. Warna merah juga dipercaya dapat menangkal roh jahat dan mendatangkan keberuntungan.

  • Barongsai Singa

Yang terakhir adalah Barongsai Singa. Menurut kepercayaan orang China kuno, tarian barongsai menjadi cara untuk mengusir setan dan roh jahat. Di mana sebelumnya barongsai telah diberkati lebih dulu di Kelenteng. Secara harafiah , barongsai adalah perwujudan dari Nian yang disebut sebagai monster berbentuk singa. Dalam bahasa Mandarin, Nian juga memiliki arti tahun. Barongsai singa adalah perwujudan dari tahun yang akan berlalu. Oleh sebab itu, mayoritas etnis Tionghoa menyebut kata Guo Nian yang memiliki arti melewati tahun atau selamat tahun baru.

 

Sekarang sudah tahu kan beberapa fakta mengenai Tahun Baru Imlek. Selamat Tahun Baru Imlek bagi semua kaum Etnis Tionghua yang merayakan.

 

 

Vani Ch | Photo: galena.co.id

Author: redaksi

1686 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2018 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2018 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Indonesia Favorit Anda ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend

Desainwebku