Ayam, memang menjadi salah satu bahan pangan yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Selain karena banyak dijual di mana-mana, ayam juga tersedia di berbagai pasar dan market. Ayam juga mengandung berbagai kebutuhan tubuh, karena ayam mengandung protein yang tinggi, serta vitamin dan mineral. Mengkonsumsi daging ayam pun diyakini dapat menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan juga mengurangi risiko kanker.

Namun demikian, memang menjadi hal yang wajar ketika hendak memasak sesuatu, kita akan mencucinya terlebih dahulu. Tapi ternyata mencuci ayam sebelum dimasak ternyata dilarang. Berharap daging ayam akan bersih, namun yang terjadi justru sebaliknya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jennifer Quinlan dari Drexel University, mencuci daging ayam tidaklah menghilangkan bakteri maupun membunuhnya. Mencuci hanya akan memudahkan penyebaran bakteri ke udara (aerolisasi).

Hal ini ternyata juga berlaku untuk berbagai jenis daging dan ikan. Cara yang paling tepat untuk menghilangkan bakteri adalah dengan memasaknya dengan suhu minimum 74 derajat celcius. Selain itu, jika ingin membersihkannya dengan cara mencuci, kita harus segera membersihkan permukaan benda yang sudah terkena air cucian ayam.

Kemudian, tangan harus langsung dicuci sampai bersih setelah menyentuh daging mentah atau makanan apapun. Setelah bersih, hindari menyentuh barang yang sudah digunakan untuk mencucinya, agar terhindar dari kontaminasi bakteri.

Food Standard Agency (FSA), juga menyarankana agar kita memisahkan talenan dan pisau yang sudah digunakan untuk daging ayam dengan bahan makanan lain. Tak lain, tindakan ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran bakteri.

(Sanchia| Foto: makassar.terkini.id)

Send this to a friend