Diet yoyo adalah salah satu pola diet yang dapat menyebabkan berat badan seseorang turun dengan cepat namun kembali dengan cepat pula. Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi makanan secara ekstrim, misalnya tidak sarapan lalu hanya makan porsi kecil untuk makan siang atau malam, atau bahkan tidak makan sama sekali.

Seperti yang telah dikatakan, pola diet satu ini menurunkan berat badan dan mengembalikan berat bada tersebut dengan cepat. Diet adalah bagaimana anda mengatur pola makan anda, bukan menguranginya secara berlebihan. Walaupun perlu waktu lama untuk mengubah pola makan, namun pola makan yang sehat akan betahan lebih lama hingga menjadi gaya hidup yang sehat.

Diet yoyo juga menyebabkan kemampuan metabolisme menurun karena mengurangi makanan secara drastis akan membuat tubuh mengubah makanan menjadi lemak untuk bertahan. Pembakaran kalori menjadi lebih sedih dan metabolisme pun menurun. Diet yang sehat biasanya mengurangi berat badan setengah kilo hingga satu kilo setiap 7 sampai 12 hari. Lebih dari itu metabolisme tubuh akan menurun.

Selain menurunnya metabolisme, diet yoyo juga akan menurunkan daya tahan tubuh sebanyak 30% setiap hari. Seseorang yang melakukan diet yoyo akan mudah stres dan depresi karena berat badan yang terus naik turun, bahkan terus naik dari sebelumnya. Diet yoyo dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit dan sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini juga meningkatka risikio penyakit jantung koroner, penurunan fungsi hati, dan lainnya.

Untuk memperoleh tubuh yang sehat dan ideal, olahraga sangat diperlukan. Ingat, diet bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan tapi untuk kesehatan. Untuk itu perlu untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan ideal.

Yuk hidup sehat guys!

 

Putri O.H | photo: dailymoslem.com

(idntimes.com)

Send this to a friend