Kamu tahu gak sih kalau ternyata banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur untuk dijadikan masker?

Selain menghemat pengeluaran skin care kamu, penggunaan bahan alami sebagai masker juga lebih aman karena tidak mengandung zat kimia seperti dalam produk kecantikan pada umumnya dan sangat mudah didapat.

Nah, berikut ini bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker:

1. Kunyit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, rempah yang satu ini juga bisa merawat kulit wajah lho. Kunyit dapat digunakan sebagai bahan alami pembuatan masker. Kamu bisa menyampurkan kunyit bubuk dengan tepung beras, susu, dan madu. Masker kunyit dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah kamu!

2. Gula

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit cenderung kulit, manfaatkanlah gula sebagai bahan pembuat masker. Gula yang telah dihaluskan bisa kamu campur dengan minyak zaitun atau air mawar. Kamu juga bisa membuat scrub dari campuran gula dan madi sehingga noda atau sel-sel kulit mati di wajahmu terangkat.

3. Putih Telur

Putih telur dengan perasan air lemon dapat membuat wajahmu menjadi lebih cerah dan segar. Kamu bisa membuat masker putih telur tanpa tambahan apapun atau bisa juga dengan air jeruk nipis. Selain masker, putih telur juga dapat membantumu untuk mengusir komedo. Caranya yaitu dengan mengoleskan putih telur pada tissue dan tempelkan pada sekitar hidung yang memiliki banyak komedo. Tarik tissue setelah mengering ±30 menit dan bilas dengan air.

4. Lemon

Jika kamu memiliki masalah jerawat, komedo, dan minyak berlebih tidak ada salahnya mencoba menggunakan lemon sebagai obat alami dalam mengatasi masalah jerawat. Sifat asam pada lemon dapat mengontrol minyak berlebih di wajah sehingga, dapat mencegah bakteri penyebab jerawat. Olesi area yang berjerawat dengan perasan satu buah lemon dicampur air menggunakan cotton bud. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Lemon juga bisa mencerahkan, mengecilkan pori-pori, dan mengencangkan kulit wajah.

5. Tomat

Jenis sayuran kaya vitamin ini dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat masksr juga nih! Tomat yang bermanfaat sebagai antioksidan dari radikal bebas dalam tubuh untuk cocok untuk berbagai perawatan kulit wajah, seperti mencerahkan kuit, mengatasi wajah berjerawat, menjaga pori-pori wajah dan sebagainya. Kamu cukup oleskan tomat yang sudah dihaluskan secara merata pada kulit wajah secara rutin dua atau tiga hari seminggu. Tanpa bahan tambahan apapun, tomat bisa bekerja maksimal untuk wajahmu. Mudah bukan?

6. Mentimun

Mentimun memiliki silika juga antioksidan yang jelas bikin kulit jadi lebih halus dan bisa meremajakan kulit kembali. Masker mentimun ini dianjurkan untuk kamu yang memiliki kantung mata hitam atau mata panda. Kamu bisa langsung menggunakan irisan timun yang diletakkan di atas kelopak mata saat terpejam. Mentimun juga dapat meremajakan kulit, mengurangi bintik hitam, dan menghilangkan jerawat.

7. Beras

Untuk membuat masker beras, kamu cukup mengambil segenggam beras. Cuci hingga bersih dan tiriskan. Tuang beras dalam wadah dan isi dengan air sebanyak 1 inchi di atas beras. Biarkan air rendaman beras selama 30-60 menit dan saring. Air rendaman beras tersebut dapat kamu gunakan sebagai masker dengan menggunakan tisu. Buatlah pola muka pada tisu dengan bolongan mata, hidung, dan bibir. Celupkan tisu selama 10 menit dan aplikasikan pada wajah. Masker beras mengandung  banyak sekali vitamin B kompleks yang mampu menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru. Bahan beras juga akan memperlambat proses penuaan, dan meningkatkan aliran darah ke kulit.

(Amel, foto: Pinterest)

Send this to a friend