Absent minded adalah keadaan dimana kamu kehilangan konsentrasi sehingga kamu kehilangan fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan atau pikirkan. Apalagi pada era smartphone dimana orang lebih sering melakukan dua kegiatan pada waktu yang bersamaan. Terdapat beberapa terapi simple buat meminimalisir absent minded. Kenapa hanya meminimalisir? Karena kamu tidak akan pernah bisa benar-benar menghilangkan kondisi ini. Maka dari itu terdapat beberapa terapi yang bisa melatih fokus kamu sehingga kamu tidak terlalu sering mengalami hal ini yang justru hanya akan mengganggu tugas-tugas kamu. Terapi fokus ini terbagi menjadi enam berdasarkan pada kegiatan kamu dalam satu hari.

  • Bangun tidur

Ketika kamu terbangun dari tidur, usahakan untuk tidak langsung lihat hp untuk mengecek jam berapakah saat itu. Coba tarik nafas sejenak dan hembuskan. Rasakan nafas pertama yang kamu hirup pada hari itu. Rasakan cahaya yang masuk melalui jendela ataupun ventilasi kamar kamu. Dengarkan suara-suara yang dapat kamu dengar dari dalam kamar kamu. Melalui cahaya dan suara tersebut coba tebak kira-kira jam berapakah itu, lalu baru lihat hp kamu untuk mengecek jam dan kegiatan apa yang seharusnya akan kamu lakukan.

  • Mandi

Terapi fokus saat mandi bisa kamu lakukan dengan cara merasakan sensasi air yang merasuk kulit kamu pada guyuran pertama. Lalu coba juga hirup aroma sabun ataupun shampo pada pagi itu. Aroma menyegarkan yang terdapat dari sabun maupun shampo dapat membuat kamu lebih segar dan fokus menjalani segala kegiatan kamu.

  • Makan

Disaat makan coba fokuskan pikiran kamu pada apa yang kamu makan saat itu juga. Rasakan teksturnya, rasanya, terdapat kejanggalan atau tidak kah pada makanan tersebut. Intinya adalah beri perhatian lebih pada apa saja yang kamu makan saat itu.

  • Ngobrol

Mungkin beberapa di antara kamu sering kurang fokus saat diajak mengobrol seperti sambil beberapa kali mengecek hp, sambil lihatin orang-orang yang sedang lewat dan sebagainya. Mulai saat ini coba tatap lawan bicara kamu, dan dengarkan dengan seksama apa saja yang ia bicarakan sambil perhatikan tiap jeda dan bahasa nonverbal pas dia lagi ngomong. Fokus dengan lawan bicara saat kamu ngobrol juga akan melatih kamu dalam meningkatkan kemampuan kamu dalam berempati.

  • ¬†Saat kelas maupun kerja

Ketika ada beberapa yang bilang kita harus tidur sejenak 10-15 menit di saat kita mulai kehilangan konsentrasi, akan lebih baik jika kamu cukup kosongkan pikiran kamu dalam waktu 5 menit. Tarik nafas dan buang perlahan sambil pelajari apa yang sebenarnya tubuh kamu rasakan. Ketika tubuh kamu terasa pegal pada beberapa bagian, coba lakukan stretching untuk mengurangi rasa pegal tersebut.

  • Tidur

Terapi fokus saat tidur dapat kamu lakukan dengan cara flashback apa aja yang udah kamu capai dalam seharian ini. Mencoba bersyukur dengan segala ketercapaian yang kamu raih setelah melakukan segala kegiatan dalam satu hari tersebut.

Inti dari segala kegiatan terapi di atas ialah mencoba menyingkirkan segala sesuatu yang mencoba untuk mendistract pikiran maupun perasaan kita.

(Shinta | foto : pinterest.com) (editor : Dio)

Send this to a friend