8 Fakta Menarik Mengenai Celana Jeans yang Belum Kamu Ketahui

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan celana jeans, kan? Celana yang tadinya hanya diperuntukkan bagi laki-laki ini, kini justru merambah dunia fashion wanita.

Namun, tahukah Anda terdapat beberapa fakta tentang jeans yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari proses pembuatannya, sejarah ditemukan hingga hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada celana denim Anda tersebut.

Berikut adalah fakta – fakta menarik tentang jeans yang belum banyak kita ketahui :

  1. Awal mula nama “Jeans” berasal dari para pelaut Genoa (Italia), karena mereka menggunakan pakaian berbahan kapas, linen dan campuran wol berwarna biru. Sedangkan kata “denim” berasal dari bahan yang ditemukan di sebuah kota bernama De Nimes di Prancis.
  2. Awal mula jeans tidak terbuat dari kapas. Pada abad ke-18, karena perdagangan dan pertanian kapas sedang booming, maka kapas kemudian menjadi pilihan utama. Para pekerja menggunakan jean karena bahannya yang kuat. Jeans yang mereka pakai biasanya diwarnai dengan warna indigo, yang diambil dari tanaman di Amerika dan India.
  3. Pada 1853, Levi Strauss, seorang pedagang berkebangsaan Yahudi-Jerman memulai berdagang jeans berwarna biru dengan nama Levis di San Fransisco. Pada tahun 1981 hak paten Levi Strauss & Co’s untuk jeans dengan keling terbuka untuk umum dan banyak perusahaan memulai untuk mengadopsi konsep yang sama.
  4. Tentara Amerika secara tidak langsung ikut mempopulerkan jeans selama perang dunia II. Celana jeans yang saat itu dinamai overalls, sering dipakai tentara Amerika saat mereka tidak bertugas.
  5. Pada tahun 1950-an, Jeans menjadi simbol pergerakan dan perlawanan remaja di Amerika. Saat itu para remaja yang menggunakan jeans dilarang memasuki restoran, teater dan sekolah. Aktor Hollywood James Dean kemudian mempopulerkan jeans ketika dia membintangi sebuah film berjudul Rebel Without Cause.
  6. Di India, ada / dikenal istilah dungarees yaitu setelan denim yang dipakai oleh para kelasi Dhunga.
  7. Jeans adalah barang paling dicari di dunia setelah pakaian sehari-hari. Lebih dari 200 potong jeans dapat dibuat dari sekarung kapas.
  8. Tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari kelahiran Blue Jeans.

(RAMA : Photo: scoopwhoop)

Author: redaksi

1289 stories / Browse all stories

Related Stories »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Twitter »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care