5 Kuliner Khas Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang sering banyak dikunjungi. Tak hanya itu, Indonesia juga mempunyai keberagaman kekayaan kuliner yang khas.

Ini dia 5 kuliner khas Indoensia:

  • Kerak Telor Betawi

Kerak telor merupakan makanan khas dari Ibukota Jakarta. Kerak Telor adalah makanan yang berbahan dasar beras ketan putih, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Kerak telor dapat menggunakan telur ayam maupun telur bebekk. Kerak telor ini mempunyai rasa gurih, legit dan lezat.

  • Rendang

Hasil gambar untuk rendang hd

Makanan Rendang ini berasal dari kota Miangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dan juga terdapat kandungan bumbu rempah-rempah. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami, sehingga membuat rendang ini dapat disimpan dalam waktu 1-4 minggu. Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap upacara adat Minangkabau.

  • Pempek Palembang

Pempek merupakan salah satu makanan tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan. Bahan dasar pempek adalah ikan dan tepung sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka. Pempek terdapat dalm berbagai macam seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek pistel, pempek telur kecil, dan pempek keriting.

  • Rawon

Rawon merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Timur. Rawon adalah makanan tradisional dari Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam. Warna hitam dari kuah Rawon ini tidak menggunakan kecap namun terbuat dari kluwak dan dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera.

  • Coto Makassar

Coto merupakan makanan tradisional khas Makassar. Coto juga memiliki arti yang sama dengan soto, namun masyarakat Makassar biasa menyebutnya dengan dengan sebutan coto. Coto Makassar terdiri dari daging dan jeroan sapi dan rasa kacang tanah halus yang hanya terdapat di Coto Makassar. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri untuk rasa dari coto.

Jika kalian berjalan-jalan atau berlibur ke daerah-daerah di Indonesia, jangan lupa untuk coba makana tradisional khas dari kota-kota di Indonesia.

( YUNI F | foto: www.infokuliner.com )

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend