Bali merupakan salah satu tempat destinasi yang cukup banyak digemari oleh para traveller, pulau dewata ini kaya akan wisata alam, religi, serta kuliner khas Bali yang ditawarkan untuk para turis lokal maupun turis asing. Selain tempat wisatanya, Bali juga menawarkan oleh-oleh yang inovatif dari masyarakat lokal disana, oleh-oleh ini wajib kamu bawa pulang ke rumah dan kota asal kamu, bisa juga untuk oleh-oleh untuk pacar, teman, atau keluarga kamu. Yuk simak selengkapnya!

  • Pie Susu Bali

Pie susu ini banyak dikenal oleh semua kalangan dan menjadi salah satu oleh-oleh favorite khas Bali, lho. Bentuknya yang identik dengan bulat mempunyai cita rasa renyah dan gurih, saat digigit pun lembut dimulut. Pie susu Bali cocok deh buat cemilan kamu. Harganya juga relatif terjangkau, berkisar Rp. 25.000,- per kotak dengan isi 10 pie.

  • Kacang Disco

Dari namanya saja sudah unik, kan? Sudah kebayang dong gimana sensasinya makan kacang ini. Kacang disco merupakan kacang tanah yang dibalut dengan tepung yang sudah dibumbui. Rasanya pun macam-macam, ada rasa Barbeque, manis, keju, dan rasa pedas. Untuk rasa pedas, kamu bisa request sesuai dengan tingkat selera pedasmu. Harganya relatif terjangku, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp. 20.000,- per bungkus.

  • Kopi Kintamani

Buat para pecinta kopi, cocok banget buat beli oleh-oleh yang satu ini yaitu kopi kintamani. Rasa dan aromanya menjadi ciri khas tersendiri dari kopi ini, dan jarang kopi kintamani ditemui ditempat lain, karena kopi kintamani berasal dari daerah Kintamani, lereng gunung Batur, Bali. Pengolahan kopi ini yang menjadikan rasanya tidak bisa disamai. Harga kopi kintamani berkisar Rp. 60.000 per gram. Sepertinya kopi ini cocok untuk teman ngemil pie susu dan kacang disco, karena itulah kopi Kintamani pilihan yang tepat sebagai salah satu buah tangan.

selain oleh-oleh kuliner, Bali juga menawarkan oleh-oleh kerajinan tangan yang lucu dan unik. Diantaranya ialah :

  • Batik Bali

Indonesia memang terkenal dengan kain batiknya, tak hanya Cirebon, Jogja, Solo, Pekalongan dan daerah-daerah penghasil batik saja yang menyediakan oleh-oleh kerjinan tangan masyarakat di daerah tersebut, Bali juga mempunyai oleh-oleh kerajinan tangan yaitu batik khas Bali, batik Bali tak kalah indah dengan batik-batik yang ada di daerah penghasil batik lainnya. Pola kain batik Bali berbeda karena lebih modern dan dinamis, yang berciri khas pada gambar lambang flora dan fauna Bali. Harga yang pasarkan beragam kisaran dari ribuan, ratusan, hingga jutaan rupiah, bisa sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

  • Kerajinan Manik-Manik Khas Bali

Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok buat kamu berikan pada teman, keluarga, atau tetanggamu, karena kamu bisa beli banyak dengan harga murah meriah. Kamu bisa pilih hasil kerajinan manik-manik ini berupa aksesoris, pajangan ruangan tamu maupun kamar. Harga kisaran ribuan beragam dan terjangkau.

  • Joger

Jika kamu travelling ke Bali jangan lupa untuk mampir ke salah satu toko yang menyediakan kaos, tas, mug, dan sepatu hias unik. Joger juga terkenal dengan kata-kata yang unik dan ‘nyeleneh’ pada produknya, tidak usah khawatir, produk dari joger buat semua usia kok. Untuk harga produk joger ini beragam, berkisar ribuan hinggan ratusan ribu rupiah.

Yup, itulah 6 oleh-oleh khas Bali yang harus kamu bawa pulang, dan pastiin oleh-oleh yang kamu beli dan liburan kamu berkesan sesuai dengan budget dan juga kebutuhan kamu.

 

(Amalia R. | Foto: pinterest.com, WisataKita.Net, klikhotel.com)

Send this to a friend