6 Negara Yang Mempunyai Tradisi Unik Saat Bulan Puasa Ramadhan

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim di semua negara ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tak sekadar menahan lapar dan dahaga saja, namun juga upaya mereka menahan hawa nafsu.

Kewajiban ini merupakan salah satu bentuk keimanan yang patut dijalankan umat muslim di seluruh negara. Namun, karena adanya akulturasi dengan budaya setempat, membuat pelaksanaan ibadah puasa Ramadan ini menjadi sebuah tradisi yang kian semarak, variatif, serta memberi ciri tersendiri di setiap negara.

Berbagai macam cara dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Berbagai macam ritual dan tradisi Ramadhan unik pun dilakukan. Diantaranya mandi untuk mensucikan diri, menziarahi makam kerabat serta leluhur sampai tradisi memukul bedug. Namun ternyata bukan hanya Indonesia yang memiliki tradisi menyambut datangnya bulan puasa, beberapa negara lainnya juga memiliki tradisi unik yang hanya berlangsung saat Ramadhan akan tiba.

1. Jepang

Muslim di Jepang sendiri menjalani puasa berbeda dari muslim di Indonesia. Misalnya saja jika kita yang tinggal di Indonesia biasa menjalani puasa tidak lebih dari 13 jam, lain dengan mereka yang tinggal di Jepang. Apa lagi ketika musim panas seperti ini, dengan suhu yang mencapai 38°C, umat Muslim disana diharuskan berpuasa hingga lebih dari 19 jam! Matahari di Jepang saat musim panas sekarang sangat menyengat kulit, karena tingkat kelembapanya lebih tinggi. Waktu imsak dan berbuka sendiri setiap hari berbeda, namun makin hari imsak semakin lama dan waktu berbuka semakin cepat. Namun hal itu berbeda ketika bulan Ramadhan jatuh pada musim dingin. Pada musim dingin, waktu puasa lebih singkat, tapi tingkat perasaan lapar lebih tinggi karena diiringi dengan suhu yang sangat dingin

Dalam menyambut datangnya bulan puasa, umat Muslim Jepang akan saling berbagi kebahagiaan dengan saudaranya sesama Muslim. Islamic Centre Jepang misalnya, telah membentuk semacam panitia Ramadhan yang bertugas menyusun kegiatan selama bulan puasa, mulai dari dialog keagamaan, majelis taklim, shalat tarawih berjamaah, penerbitan buku-buku keislaman dan segala hal yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa.

2. India

Negara yang terkenal dengan produksi film Bollywoodnya ini juga memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan. Setiap pria muslim di India akan menghias matanya menggunakan celak yang disebut dengan Kohl.

3. Cina

Walaupun jumlah muslim di Cina sangat sedikit, namun bukan berarti mereka tak memiliki tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Warga muslim Cina memiliki tradisi unik yang dinamakan Muqam. Muqam berupa tari-tarian dan nyanyian yang dilakukan oleh muslim Kashgar di Cina untuk menyambut bulan Ramadhan.

4. Mauritania

Negara berikut ini merupakan negara yang terletak di pesisir Atlantik. Mauritania merupakan negara Islam yang terletak di sebelah Barat Laut Afrika. Tradisi unik menyambut bulan Ramadhan di Mauritania yaitu meminum minuman khas teh hijau sambil berkunjung ke setiap rumah. Tujuannya untuk menghidupkan ukhuwah Islamiyah bagi setiap umat muslim di Mauritania.

5. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara dengan penduduk muslim mayoritas. Penyambutan bulan suci Ramadhan yaitu dengan tradisi Meriam Ramadhan di Mekah. Meriam Ramadhan ini akan dibunyikan malam hari tepat sebelum bulan puasa.

Meriam juga akan dibunyikan saat berbuka puasa, waktu sahur, dan waktu imsakiyah. Meriam ini diletakkan di Gunung Meriam yang lokasinya berdekatan dengan Masjidil Haram. Meriam ini akan memeriahkan sebulan penuh puasa dan akan berakhir ketika memasuki 1 Syawal. Setelah itu  meriam akan disimpan kembali ke tempatnya dan dikeluarkan saat bulan Ramadhan berikutnya tiba.

6. Mesir

Mesir merupakan negara Islam yang berada di Timur Tengah, yang sangat meriah dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Umat Islam di Mesir menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan memasang lampu tradisional yang disebut dengan lampu Fanus. Tradisi ini telah berlangsung sejak dinasti Fattimiyah.

 

(RAMA | Photo: tirto.id)

Author: redaksi

1385 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Music Video : Ardhito Pramono »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care

Sehatmental.id »

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend