5 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Di Wajah

Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung dan dada. Bagi sebagian orang, munculnya jerawat adalah hal yang menjengkelkan, terutama pada kaum perempuan. Bagi kebanyakan perempuan, jerawat adalah salah satu masalah yang bisa membuat mereka panik tidak karuan, apalagi kalau jerawat yang timbul di bagian wajah. Karena hal itu otomatis akan mengganggu penampilan.

Munculnya jerawat bisa disebabkan karena produksi minyak berlebih di kulit, bakteri, hormon dan pengaruh psikologis seperti stres atau depresi.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat di wajah. Berikut 5 ulasan tipsnya.

  • Membersihkan wajah

Hal pertama yang paling penting dan mudah dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan membersihkan wajah.  Membersihkan wajah dilakukan untuk menghilangkan bekas debu, kotoran, polusi, maupun bakteri yang menempel pada kulit.  Membersihkan wajah yang tepat adalah dengan mencuci muka dengan air bersih secara perlahan menggunakan pembersih muka yang sesuai dengan kulit dan dilakukan setidaknya dua kali sehari.

  • Penggunaan make up secukupnya

Bagi kebanyakan perempuan, bicara soal make up adalah hal nomor satu yang tidak mungkin bisa dilewatkan dalam hal penampilan. Andalan perempuan untuk tampil cantik di keramaian adalah dengan menggunakan make up. Namun, tahukah bahwa penggunaan make up berlebihan ternyata pemicu munculnya jerawat? Hal itu dikarenakan ketebalan make up dapat menutupi pori-pori wajah dan pada saat itu jerawat akan muncul.

Maka dari itu, penggunaan make up secukupnya akan mengurangi timbulnya jerawat di wajah, apalagi kalau kulit yang rentan berjerawat, ada baiknya menggunakan make up secukupnya dan gunakan make up yang memang cocok untuk kulit.

  • Hindari kontak sinar matahari secara langsung

SInar matahari, sebenarnya dapat menyehatkan kulit, namun hal itu benar hanya pada sinar matahari di pagi hari. Lebih dari itu, sinar matahari akan berdampak buruk pada kulit dan menimbulkan jerawat.

Kontak matahari yang berlebihan di siang atau sore hari akan menimbulkan pigmentasi pada kulit, dimana akan membuat kulit tampak kusam dan memicu munculnya flek hitam dan jerawat pada kulit terutama di bagian wajah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kontak sinar matahari secara langsung pada siang atau sore hari, atau setidaknya gunakan tabir surya sebelum melakukan aktifitas di luar rumah.

  • Perhatikan kebersihan rambut

Rambut ternyata merupakan salah satu hal yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Terutama bagi yang memiliki rambut panjang, beberapa helai rambut akan menempel pada kulit seperti dahi, pipi dan punggung. Apalagi apabila sedang melakukan aktifitas di luar rumah, polusi lingkungan otomatis akan menempel pada rambut.

Oleh karena itu, sangatlah penting memerhatikan kebersihan rambut secara rutin, seperti mencuci rambut dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut dan menggunakan conditioner setelahnya.

  • Tidur secara teratur

Tips mencegah timbulnya jerawat di wajah yang terakhir adalah dengan tidur secara teratur. Istirahat yang cukup adalah dengan tidur minimal 6 sampai 8 jam setiap harinya.  Dengan tidur yang cukup, maka akan memicu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, termasuk kulit, sel-sel kulit yang mati akan diganti dengan sel yang baru, sehingga akan mengurangi timbulnya jerawat. Ketika tidur secara teratur maka hal itu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Itulah beberapa tips mencegah timbulnya jerawat di wajah. Dengan tips tersebut, semoga menambah informasi dan membantu mencegah timbulnya jerawat bagi para pembaca.

( TASYA | Photo: mitramini.com )

Author: redaksi

1506 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend