5 Produk Budaya Korea yang Populer di Indonesia, Dampak dari ‘Korean Wave’?

Tidak dapat terelakan lagi jika Korean Wave atau dikenal dengan istilah Hallyu telah tersebar secara global. Budaya pop Korea yang populer ini mengakibatkan banyak orang di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia berkeinginan untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea serta mengunakan produk-produk budaya mereka.

Adapun 5 produk budaya Korea Selatan yang populer di Indonesia;

  • Musik

Musik Korea ngetren di Indonesia melalui boyband dan girlband yang banyak diidolakan oleh anak muda. Boyband seperti Super Junior, Big Bang, TVXQ, dan girlband Girl Generation memiliki pengaruh kuat terhadap perkembangan musik Korea di Indonesia. Boyband dan girlband ini pun memiliki jumlah penggemar yang tidak sedikit di tanah air. Kepopuleran musik Korea di Indonesia kemudian menginspirasi banyak perusahaan rekaman dengan mengorbitkan boyband & girlband asal Indonesia seperti SM*SH, Cherrybelle, dan masih banyak yang lainnya.

  • TV Series

Beberapa tv series khususnya drama Korea sangat populer di Indonesia. Judul-judul seperti Full House, Endless Love, Winter Sonata maupun Boys Before Flower pernah ditayangkan di beberapa stasiun televisi di Indonesia dan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Aktor dan aktris yang bermain dalam drama tersebut seketika menjadi idola para remaja di Indonesia, bahkan lokasi pengambilan gambar drama Korea itu pun menjadi destinasi wisata dambaan bagi setiap orang.

  • Makanan

Kepopuleran budaya pop Korea juga berpengaruh terhadap dunia kuliner di Indonesia. Terbukti dengan maraknya restoran-restoran Korea yang menjamur di kota-kota besar. Beberapa makanan Korea yang mudah untuk dijumpai dan memiliki banyak penggemar adalah Kimchi, Bulgogi, dan Bibimbap.

  • Fashion

Populernya boyband dan girlband asal Korea di Indonesia serta bintang-bintang drama Korea ternyata memiliki pengaruh yang tinggi terhadap gaya berbusana orang Indonesia sekarang. Gaya berpakaian ala Korea ini tidak hanya menjangkau kalangan wanita saja tetapi juga kepada kaum pria. Mulai dari atasan, blazer, celana hingga aksesoris-aksesoris lainnya.

  • Elektronik

Mungkin anda tidak sadar jika salah satu barang elektronik yang ada di rumah anda adalah barang elektronik asal negara Korea. Beberapa barang elektronik asal Korea banyak menguasai pasar Indonesia mulai dari smartphone, kulkas, televisi maupun AC. Dua brand  barang elektronik asal Korea yang terkenal di Indonesia adalah Samsung dan LG.

(IMAM | Photo: sa.kapamilya.com)

Author: redaksi

1289 stories / Browse all stories

Related Stories »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Twitter »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care