Sejak kemunculan dan viralnya Apple iPad mulai 2010, kini masyarakat luas sangat kenal dengan yang namanya Tablet PC. Namun, seperti apa sih perkembangan sebelum dan sesudah tablet buatan Apple ini muncul? Berikut adalah ulasan mengenai 5 model tablet dari masa ke masa.

  • RAND Tablet (1964)

Ide komputer tablet ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an. Tablet pertama di dunia adalah RAND tablet yang juga disebut sebagai Grafacon (Graphic Converter). Pembuatnya adalah Advanced Research Projects Agency. RAND tablet adalah salah satu perangkat pertama yang menggunakan stylus.

  • Apple Graphics Tablet (1979)

Unicode

Meski harganya murah dan gampang dipakai, tapi penjualan Apple Graphics Tablet kurang sukses. Meski begitu, secara teknologi, tablet PC ini patut diacingi jempol. Alat ini sangat membantu mereka yang pengen berkreasi dengan pen di komputer.

  • Fujitsu Stylistic 2300 (1998)

Fujitsu Stylistic 2300 yang rilis pada tahun 1998 ini adalah tablet pertama yang sudah menggunakan layar warna. Prosesornya memakai Pentium 233.

Stylistic 2300 juga punya modem terintegrasi. Dari sisi spesifikasinya, tablet buatan vendor asal Jepang ini agaknya termasuk yang paling canggih pada zamannya.

  • Apple iPad (2010)

Tahun 2010, Apple yang dipimpin mendiang Steve Jobs merilis iPad yang ternyata menjadi tablet PC tersukses secara komersial. Kehadirannya memicu industri tablet menjadi maju pesat. Sampai saat ini, dominasi iPad di pasar komputer tablet belum tergoyahkan.

Didukung aplikasi berlimpah dan desain cantik, iPad cepat menuai ketenaran. Saat ini, komputer tablet berbasis sistem operasi iOS ini sudah memasuki generasi yang ketiga.

  • Laptop-laptop Hybrid

Laptop hybrid dilengkapi dengan keyboard saat digunakan sebagai laptop. Tetapi, keyboard bisa dilepas saat Anda memfungsikannya sebagai tablet. Laptop hybrid menggunakan layar touchscreen yang bisa dilepas sebagai tablet.

 

NIA | photo: medianya.com

Send this to a friend