5 Manfaat Activated Charcoal yang Harus Kamu Ketahui

Saat ini pasti kalian sering melihat iklan suatu produk yang mengandung activated charcoal sebagai bahan utamanya. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan activated charcoal atau arang aktif ini?

Jadi, activated charcoal adalah arang yang sudah melawati proses tertentu hingga menjadi arang yang murni. Bahan pembuatan activated charcoal ini menggunakan arang biasa yang kemudian melalui proses pemanasan menggunakan gas sehingga menjadi arang yang memiliki struktur berongga.

Activated charcoal ini bisa mengikat segala macam zat racun sehingga banyak dimanfaatkan di dalam dunia medis maupun kecantikan. Bahkan activated charcoal ini sudah digunakan oleh para tentang  Perang Dunia pertama sebagai masker mereka untuk mencegah keracunan gas yang dilancarkan oleh musuh, lho! Yuk, simak apa saja manfaat activated charcoal dibawah ini!

  • Mengobati keracunan

Kemampuan activated charcoal yang bisa menyerap zat berbahaya sangat membantu dalam menangani orang keracunan lhooo, bahkan setelah racun tersebut diserap kedalam tubuh!

  • Mendetoksifikasi tubuh

Banyak orang juga lho yang menggunakan activated charcoal untuk detoksifikasi tubuh. Cara nya hanya perlu mengkonsumsinya seminggu sekali dan perbanyak minum air putih. Eits! Tapi lebih baik dikonsultasikan dulu ke dokter yaaa.

  • Memutihkan gigi

Wah ternyata activated charcoal bisa digunakan sebagai pemutih gigi juga, lho. Caranya dengan mencampurkan sedikit activated  charcoal ke dalam pasta gigi dan cukup digunakan 2 kali dalam seminggu.

  • Mengusir bau badan

Masalah yang menjadi penyebab bau badan atau napas tidak sedap adalah karena pembuangan racun dan toksin dalam tubuh. Untuk mengusir bau badan tak sedap, cobalah untuk rutin mengonsumsi pil arang aktif dan minum air sebanyak-banyaknya. Dengan memaksimalkan pembuangan racun, tubuh pun akan bersih dari berbagai bakteri dan sisa-sisa zat yang bisa menyebabkan bau badan.

  •  Mengobati jerawat

Arang aktif juga ternyata ampuh untuk meredakan jerawat. Campurkan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat dan bilas hingga bersih. Zat arang yang telah diaktifkan mampu mengikat dan mengangkat kotoran serta bakteri yang bisa menimbulkan jerawat.

Nah itu dia lima dari sekian banyaknya manfaat activated charcoal yang harus kamu ketahui. Lebih baik dikonsultasikan dahulu kepada ahlinya dan digunakan sesuai anjuran serta di seimbangi dengan minum air putih yang banyak ya! Selamat mencoba!

(SALMAN | foto: merdeka.com)

Author: redaksi

1506 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend