5 Macam Kolak yang Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa

Tidak terasa bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan penuh berkah ini memang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim sebagai ajang perbaikan diri dan memperoleh hidayah dari-Nya.

Selain itu, hal lain yang sering ditunggu di bulan ini adalah masakan atau makanannya yang khas. Makanan-makanan tersebut pun biasanya dihidangkan saat sahur ataupun saat berbuka puasa.

Salah satu makanan yang khas adalah Kolak. Kolak adalah makanan khas Indonesia yang terdiri dari kuah santan dengan isiannya yang bermacam-macam. Kolak dapat dihidangkan secara dingin menggunakan es ataupun hangat.

Adapun macam-macam kolak yang bisa anda nikmati saat berbuka puasa;

  1. Kolak Pisang

Anda pasti sudah familiar dengan jenis kolak satu ini. Sesuai dengan namanya, kolak pisang adalah kolak yang berisi potongan-potongan pisang biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti ubi atau kolang-kaling.

Cara memasak kolak pisang pun sangat gampang. Anda tinggal merebus santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan dengan menggunakan api kecil dan aduk secara perlahan. Masukan potongan pisang kedalam rebusan santan tersebut. Kolak pisang pun siap untuk dihidangkan.

  1. Kolak Candil Ketan

Candil adalah nama jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan dan biasanya dibentuk bulat-bulat kecil. Candil biasanya dibuat menggunakan campuran tepung ketan dan tepung beras yang terbentuk menjadi sebuah adonan.  Pembuatan kolak candil pun sebenarnya sama seperti kolak pisang, hanya berbeda dari isiannya saja.

  1. Kolak Durian

Bagi beberapa orang durian adalah surga dunia, namun tidak sedikit pula yang alergi terhadap buah ini. Namun jika anda adalah penggemar berat buah tersebut, maka kolak durian adalah pilihan yang tepat untuk hidangan berbuka puasa.

Cara membuat kolak durian pun sangat gampang. Masukan buah durian yang sudah dikupas ke dalam panci, bisa dengan bijinya ataupun tidak. Kemudian masaklah buah durian tersebut dengan santan, gula, dan garam. Aduk terus, supaya santan tidak pecah. Kolak Durian pun siap menemani buka puasa kalian.

  1. Kolak Labu

Jika biasanya labu merupakan bahan yang digunakan untuk masakan sayur mayur. Ternyata labu juga cocok dijadikan bahan dalam kolak. Anda tinggal mengupas labu dan memasaknya bersama santan, daun pandan, gula merah dan garam. Masak sampai mendidih, dan jangan lupa untuk selalu mengaduk agar santannya tidak pecah.

  1. Kolak Apel

Tidak ada perbedaan dari pembuatan kolak apel dengan kolak lainnya. Hanya saja bahan yang digunakan bukanlah pisang ataupun labu, melainkan buah apel.  Potonglah apel menjadi bentuk dadu, lalu masukan kedalam panci yang sudah berisi air rebusan santan, gula pasir, gula aren, dan garam. Aduk hingga rata. Anda bisa menghidangkan kolak apel ini secara dingin maupun hangat.

(IMAM | Photo: donmogot.com)

 

Author: redaksi

1295 stories / Browse all stories

Related Stories »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Twitter »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care