5 Kuliner Khas Negeri Jiran Ini Harus Kamu Coba Ketika Berlibur Kesana

Liburan saat ini sudah menjadi gaya hidup yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun. Namun, berlibur juga tak perlu jauh-jauh berkeliling Eropa yang memangkas biaya lumayan besar. Negara tetangga pun bisa menjadi solusi liburan ringan kamu disana. Selain menara Petronas yang menjadi ikonik kenegaraan, Malaysia juga masih mempunyai wisata kuliner yang juga tak kalah enaknya dengan Indonesia.

Umumnya, kuliner antara Malaysia dengan Indonesia tak jauh berbeda karena hidup serumpun Melayu. Persamaan ini bisa kita jumpai pada kuliner Murtabah, sebutan martabak bagi masyrakat Malaysia yang sama persis pembuatannya. Sedangkan, perbedaan yang menjadi kiri khas kuliner negeri Jiran ini adalah sebagai berikut;

  • Chee Cheong Fun

Makanan khas Malaysia satu ini adalah sebagai bentuk akulturasi dengan kuliner asli Tionghoa. Sering disebut sebagai camilan, chee cheong fun memilik nama lain yakni, mie usus babi. Tidak seperti namanya yang terkesan ada babinya, justru kuliner ini hanya terbuat dari mie beras (kwetiaw) yang diberi saus manis hitam bernama Timzheong.

  • Nasi Kandar

Sekilas memang menu satu ini seperti masakan di rumah makan Padang. Pembedanya adalah siraman kuah kare khasnya. Kuliner satu ini sering dikombinasikan dengan lauk pauk seperti, telur, daging sapi, cumi-cumi gorengan dan jeroan.

  • Char Kway Teow

Sama halnya dengan chee cheong fun, kuliner satu juga diadopsi dari chinese food dan menjadi menu khas Melayu. Terasa sama halnya dengan kwetiaw di Indonesia, namun, pembedanya terletak pada bumbu yang didominasi rempah-rempah khas India. Alhasil, cita rasa yang dihasilkan begitu tajam dan berkesan di lidah.

  • Kek Lapis Sarawak

Sajian kue lapis asli Malaysia ini mempunya ciri khas dibandingkan di Indonesia, yaitu adanya motif warna-warni ketika membelah atau memotong kue tersebut. Biasanya kue ini disajikan dalam acara ulang tahun, pesta ataupun perayaaan keagamaan seperti, Idul Fitri dan Natal.

  • Es Air Mata Kucing

Terakhir, dari segi minuman, Malaysia mempunyai minuman khas yaitu Es Air Mata Kucing. Minuman ini disebut demikian, karena bentuk kelengkeng yang merupai mata kucing. FYI, minuman ini pernah masuk ke dalam kategori 10 minuman terenak versi CNN pada 2011 silam.

Simak juga makanan khas Indonesia yang mendunia, disini!

( KEVIN | Photo: asianitinerary.com )

Author: redaksi

1400 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend