Sebagai kota pusat keuangan dunia, Inggris juga identik dengan negara tujuan pendidikan dan pariwisata. Sejumlah kampus tertua berada di Inggris seperti Oxford University, University of Cambridge, atau Imperial College London.

Sebagai negara yang menjaga khasanah budaya dan peninggalan sejarahnya, Inggris pun menjadi tujuan wisata warga dunia. Menjelang tahun baru, negara ini pun menyuguhkan berbagai keseruan untuk menyambut semangat dan cita-cita baru warganya.

Pergantian tahun di Inggris selalu ditandai oleh lonceng yang berbunyi dari Big Ben, dan Menara Jam di Istana Westminister. Berikut spot-spot perayaan tahun baru andalan Negeri Ratu Elizabeth yang dikutip Bisnis dari situs resmi pariwisata yang dikelola pemerintah negara itu:

1. Inggris menawarkan pemandangan spektakuler kembang api di London. Di malam pergantian tahun, warga Inggris berkumpul di sekitar Sungai Thames dan London Eye menunggu pukul 12 malam. Untuk menikmati pesta kembang api, pemerintah Inggris merekomendasikan pengunjung menyaksikannya dari taman Victoria Embankment.

2. Katanya, tidak sah merayakan tahun baru tanpa mengajak keluarga bermain skating ke arena es Cardiff Winter Wonderland. Setelahnya, warga dapat menikmati hangatnya Cardiff Castle. Di istana ini, pengunjung dapat menikmati karya seni patung, mesin api, dan tentunya kembang api yang dinyalakan pukul 12 malam.

3. Tidak usah lagi diragukan betapa tersohornya spot terbesar perayaan tahun baru di Skotlandia yakni Edinburgh’s Hogmanay (EH). Di EH, warga Skotlandia berkumpul merayakan pesta whisky dan parade obor. Setiap tahun, EH juga menyiapkan sejumlah event menarik seperti konser lilin, tari-tarian tradisional, dan penampilan band.

4. Stonehaven yang merupakan salah satu kota tertua di Skotlandia selalu menarik pengunjung pada tahun baru dengan pergelaran Festival Bola Api (Stonehaven Fireball Festival). Di jalan-jalan kota ini, pengunjung dapat menikmati parade bola api berayun-ayun. Konon, Stonehaven Fireball Festival rutin dilaksanakan sejak 1908 atau lebih dari satu abad lalu.

5. Bagi warga Inggris dan Skotlandia yang berhalangan merayakan tahun baru di luar rumah, pemerintah Shetland menyelenggarakan pesta tahun baru sejak 31 Desember hingga hari Selasa terakhir Januari tahun berikutnya. Artinya, pameran sejarah, kostum-kostum unik, dan tontonan seni akan terus disuguhkan hingga Selasa tanggal 30 Januari 2015!

(bisnisom/ photo : cardiffblues.com)

Send this to a friend