5 Hidangan Populer Ala Lebaran

Selain momen mudik, pulang ke kampung halaman, momen hari Raya terasa lengkap jika kita menghidangkan makanan khas lebaran. Menyantap hidangannya menjadi momen pas untuk disambut bersama keluarga besar, dan menambah harmoni saat hari Suci berlangsung.

Berikut 5 hidangan populer saat lebaran tiba;

  • Ketupat

 

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa hidangan ini wajib ada saat lebaran, biasanya orang-orang setelah melaksanakan Shalat Ied, langsung berburu ketupat di rumah dan menyantapnya bersama keluarga tercinta.

Hidangan yang berbahan dasar beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda ini ternyata juga menjadi hidangan favorit bagi warga Asia Tenggara lainnya seperti, Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam. Di Indonesia sendiri, ketupat memiliki banyak olahan seperti, ketupat tahu (Sunda), ketupat kandangan (Banjar) hingga lotek dan gado-gado.

  • Opor Ayam

 

Kuliner satu ini tentunya juga sudah banyak yang mengenal khususnya bagi kalian yang tinggal di tanah Jawa. Hidangan ayam yang direbus bersamaan dengan kuah santan dan rempah-rempah khas Indonesia seperti, serai dan kencur ini menjadi menu andalan yang engga boleh ketinggalan saat lebaran, dan opor ayam ini biasanya disajikan bersamaan dengan ketupat.

  • Rendang

Tak ketinggalan, rendang juga menjadi menu favorit saat lebaran. Menu bercita rasa pedas ini berbahan dasar olahan daging yang dicampuri kentalnya santan dan bumbu rempah. FYI, pada tahun 2011, kuliner satu ini dinobatkan oleh CNN International sebagai World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia).

  • Kue Kering

 

Nastar yang berisi nanas dan putri salju yang dilumuri gula putih halus sudah menjadi camilan wajib ketika lebaran. Kue kering ini menjadi sajian yang pas disaat kamu bercengkerama dengan keluarga atau saat menjamu tamu yang datang ke rumah. Biasanya kue kering juga ditambah variannya seperti, waffer, cokelat atau yang berkemasan kaleng.

  • Minuman Dingin

Sebagai pelengkap, minuman dingin berwarna seperti sirup menjadi hidangan wajib saat lebaran, apalagi setelah menyantap keempat makanan di atas. Tak perlu yang mewah asalkan manis dan disajikan dingin saja sudah menambah rasa kenikmatan, apalagi ditemani keluarga tercinta dan kekasih.

Jadi, mau buat menu makanan apa kalian untuk lebaran nanti?

(KEVIN | Photo: corelita.com)

Author: redaksi

1501 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend