5 Fakta Menarik Tentang Kurma

Di saat Ramadhan seperti ini, beraneka makanan khas ala Ramadhan sangat menjamur. Maka tidak heran jika penjualannya pun meningkat berkali-kali lipat. Salah satu makanan yang khas tersebut adalah Kurma.

Kurma adalah buah yang biasanya disantap saat berbuka puasa. Adapun fakta-fakta menarik yang harus kamu ketahui seputar kurma;

  • Tumbuh Subur di Timur Tengah

Menurut sejarahnya, kurma telah menjadi makanan pokok masyarakat Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu. Kurma diyakini berasal dari Teluk Persia, dan tumbuh subur di negara-negara Timur Tengah.

Berdasarakan data UN Food and Agriculture Organisation (FAO) tahun 2012, penghasil kurma terbanyak adalah Mesir dengan 1.470.000 ton. Disusul di tempat kedua oleh Iran dengan 1.066.000 ton, kemudiaan Arab Saudi 1.050.000 ton, Aljazair 789.000 ton, Iraq 650.000 ton, Pakistan 600.000 ton, Oman 270.000 ton, Uni Emirat Arab 250.000 ton dan Tunisia 190.000 ton.

  • Baik untuk Kesehatan

Buah kurma yang memiliki rasa manis dan bertekstur legit ini memang kaya akan khasiatnya terhadap kesehatan. Beberapa manfaat buah kurma adalah mampu mengatasi masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen.

  • Bisa Dijadikan Olahan Makanan yang Beragam

Terdapat banyak aneka kreasi olahan makanan berbahan kurma yang laris manis di pasaran. Seperti halnya jus kurma, puding kurma, bolu kurma, serta aneka kue berbahan dasar kurma lainnya.

  • Terdiri dari Banyak Jenis

Kurma memiliki berbagai macam jenis lho! biasanya setiap jenisnya memiliki rasa dan tekstur buah yang berbeda-beda. Dari yang hanya manis saja sampai ke sangat manis. Jenis-jenis kurma diantaranya kurma Halawi, kurma Ajwah, kurma Sekkeri, dan masih banyak jenis lainnya.

  • Kebun Kurma Ada di Indonesia

Jika anda ingin melihat pohon kerma secara dekat, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah. Anda tinggal datang ke Wisata Kebun Kurma yang terletak di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Dikebun tersebut ada sekitar 400 pohon kurma yang berbuah, dan anda tinggal membayar uang sejumlah 5 ribu rupiah untuk masuk ke kebun seluas 3,7 hektar tersebut.

(IMAM | Photo: manfaatnyasehat.com)

Author: redaksi

1377 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Music Video : Ardhito Pramono »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care

Sehatmental.id »

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend