5 Cara Mengatur Pola Makan Yang Sehat Saat Berpuasa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan yang mendatangkan kebaikan termasuk untuk kebaikan badan anda. Bagi sebagian orang, bulan ramadhan dimanfaatkan untuk mempercantik diri baik rohani maupun jasmani.

Bagaimana jika Anda sedang diet, tetapi Anda juga ingin menunaikan ibadah puasa? Ibadah puasa bukanlah suatu penghalang untuk Anda tetap melakukan diet. Justru dengan adanya bulan puasa ini, diet Anda akan sangat terbantu. Puasa artinya menahan lapar dan haus. Jika selama ini diet Anda selalu gagal karena Anda sulit menahan lapar, maka di bulan puasa ini Anda bisa mencoba kembali untuk melakukan diet tersebut.

Banyak yang tidak tahu bagaimana menyiapkan menu buka puasa untuk diet yang tepat. Nah, Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatur menu saat puasa agar diet anda berhasil.

1. Menggunakan Ikan Sebagai Lauk

Ikan adalah menu buka puasa untuk diet yang sangat sehat. Anda bisa memilih salah satu jenis ikan untuk diolah menjadi menu buka puasa yang lezat. Menyarankan Anda untuk memilih ikan salmon atau tuna. Karena kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Akan tetapi, cara memasak ikan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Karena Anda sedang diet, sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus. Jangan sekali kali anda makan makanan yang mengandung minyak.

2. Ganti Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Untuk menjalankan diet sebulan saat puasa Ramadhan memang di haruskan untuk mengurangi konsumsi nasi putih dan makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti mie, kwetiauw dan bihun. Pasalnya nasi putih dan jenis mie lebih cepat dicerna oleh tubuh dan mengandung kalori yang cukup tinggi. Sehingga dapat berisiko untuk menaikkan kadar glukosa dalam darah.

Walaupun begitu, please jangan sampai menghilangkan nasi ke dalam menu diet saat puasa. Karena tubuh juga perlu karbohidrat sebagai tenaga dan agar tubuhnya tetap kuat. Jadi saya sarankan agar kalian mencoba nasi putih di ganti dengan nasi merah.

3. Banyak Mengkonsumi Buah – Buahan dan sayuran di saat berbuka puasa maupun sahur

Sumber serat terbaik berasal dari buah dan sayur. Buah dan sayur dapat melancarkan pencernaan Anda dan mencegah risiko sembelit. Buah dan sayur bisa dimasukkan ke dalam menu buka puasa Anda menjadi hidangan pembuka, seperti salad atau takjil. Selain itu, sayur juga bisa diolah menjadi lauk yang sehat untuk menu buka puasa Anda.

4. Kombinasi Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Saat buka puasa adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah seharian penuh tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan. Minumlah air putih sebanyak yang Anda mampu. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan agar perut tidak terasa kembung.

Untuk menu makanannya, usahakan untuk menyiapkan makanan yang dianggap sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik. Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks antara lain adalah kacang-kacangan (kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah) serta biji-bijian (gandum atau beras merah).

5. Susu

Anda juga harus tetap minum susu untuk memenuhi kebutuhan gizi, akan tetapi susu yang Anda konsumsi adalah susu kalsium atau susu rendah lemak sehingga tidak berpengaruh pada peningkatan  berat  badan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir berat badan akan naik karena minum susu

 

(RAMA | Photo: blogspot.com)

Author: redaksi

1462 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

ServioMentalitu careDisc Tarraphoto
Mentalitu care

Music Video : Ardhito Pramono »

Survey Transportasi Online »

Kendaraan Online Favorit Kamu?

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend