Manusia memang mahkluk yang sangat cerdas, memiliki derajat paling atas dari semua mahkluk dimuka bumi ini, teknologi diciptakan manusia agar mempermudah kegiatan mereka sebagaimana kemajuan jaman. Tetapi teknologi juga merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup manusia. Ini adalah 5 ancaman terbesar bila manusia terlena dengan teknologi yang sangat canggih.

  • Kehilangan Privasi

Setiap orang memiliki privasi dalam kehidupan sehari harinya, baik itu hal yang baik untuk suatu kepentingan maupun hal yang buruk yang dapat merugikan salah satu pihak. Saat ini teknologi sangat canggih hingga dapat meretas privasi orang orang, contohnya orang yang sedang berkomunikasi dengan telepon genggam disadap percakapannya.

  • Robot sebagai Tenaga Kerja

Jaman dahulu setiap pekerjaan memiliki tenaga kerja manusia, baik melakukan pekerjaan berat maupun pekerjaan ringan. Dijaman sekarang kalian sudah banyak menemukan dimana tenaga yang mengerjakan pekerjaan tersebut bukanlah lagi manusia melainkan robot pintar, contohnya di jepang di beberapa restoran sudah memakai robot sebagai pelayannya,  hal ini tentunya menurunkan jumlah lapangan pekerjaan.

  • Data berbentuk Digital

Saat ini sudah banyak orang yang membaca lewat internet bukan lagi lewat media cetak seperti koran dan majalah, tugas tugas yang dulu biasanya kita tulis tangan sekarang sudah dapat dilampirkan via email. Bahkan mungkin nanti buku buku cetak sudah tidak lagi diperlukan, atau bahkan pensil akan tidak lagi digunakan karena kecepatan dan cara instan dengan memakai media digital.

  • Selalu Ketergantungan

Semua kemudahan dan kecanggihan teknologi saat ini membuat manusia harus selalu berdampingan dengan teknologi, mereka seakan tidak bisa hidup tanpa teknologi.

  • Singularitas

Singularitas adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semuah kemajuan teknologi yang menjadi sangat maju sehingga dapat mengubah suatu peradaban secara radikal. Sekarang lihatlah hasil kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia yang sudah mencapai kecerdasan super yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh manusia itu sendiri, Contohnya pada film Terminator, manusia yang menciptakan robot itu membuat si robot lebih cerdas dan canggih dari manusia biasa.

(Ivan | Foto : anisafebriayanti.wordpress.com)

Send this to a friend