Bagi sebagian orang, membuat rencana anggaran atau budgeting adalah hal yang menyemangati saat merencanakan perjalanan. Hal itu dilakukan sebagai langkah pertama dalam perencanaan dan cara untuk menjadi lebih kenal dengan tujuan.

Ada beberapa langkah sederhana untuk menghemat perjalanan yang dapat Anda coba dengan menekan arus kas seperti yang dikutip dari situs Lonelyplanet.com.

1. Mencari tahu apa yang dibutuhkan

Petama, mulai dengan menyusun anggaran dengan biaya terbesar, seperti biaya penerbangan, kemudian biaya akomodasi yang kemungkinan besar bisa bertambah.
Dengan gambaran kasar berapa lama Anda akan pergi, Anda bisa mengatur biaya harian berdasarkan tarif kamar dan biaya makan. Tambahkan sedikit untuk kegiatan yang mungkin Anda lakukan, seperti biaya masuk musem dan beberapa souvenir.

2. Cek biaya apa yang perlu dikeluarkan sebelum berpergian

Jangan lupa, tambahkan biaya pra-perjalanan dalam budget Anda, seperti biaya visa, asuransi, dan imunisasi. Bagi beberapa orang banyak yang berhemat dengan tidak membayar asuransi perjalanan, tetapi itu penting agar Anda merasa tenang ketika ada sesuatu yang salah, seperti kehilangan bagasi, penerbangan batal, atau bahkan sakit saat perjalanan.

3. Menabung debanyak yang dibutuhkan

Setelah mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan untuk bepergian, Anda sudah dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda tabung. Buatlah angka tersebut sebagai tujuan, dan simpan di berbagai tempat yang mudah Anda lihat, seperti screen saver ataupun tempelan kulkas, hal itu bisa menjadi motivasi agar Anda giat bekerja.

4. Membuat penggunaan uang tunai tetap “on the track”

Sebelum Anda pergi, siapkan beberapa cara agar uang tunai Anda tidak mudah mengalir begitu saja, sekaligus sebagai langkah untuk meminimalisasi risiko. Caranya, dengan membawa uang Anda dalam beberapa bentuk. Diversifikasi uang, sehingga Anda memegang sedikit uang tunai, kartu kredit, dan kartu ATM.
Meskipun ATM mudah ditemukan, sering kali uang tunai tetap menjadi ‘raja’ dan bisa menyelematkan Anda di beberapa kesempatan.

Bisniscom & berbagai sumber/ photo: activebackpacker.com)

Send this to a friend