Semua siswa yang baru lulus dari bangku SMA kebanyakan mengalami kebingungan saat menentukan jurusan apa yang akan mereka pilih saat kuliah nanti. Nah bagi kalian yang baru lulus SMA jangan khawatir dengan berbagai macam pilihan jurusan saat kuliah. Hal yang paling utama kalian lakukan adalah menenukan passion diri dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang berbagai jurusan dibangku kuliah. Mari kita lihat jurusan apa saja yang paling banyak diminati berdasarkan data SNMPTN tahun 2017.

  1. Manajemen

Sebanyak 139.109 peserta memilih jurusan ini. Manajemen merupakan program studi yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dari tahun ke tahun, jurusan ini memang menjadi incaran para peserta mahasiswa baru. Jursan ini pasti diperlukan di dalam sektor bisnis.

  1. Akuntansi

Sebanyak 96.423 peserta memilih jurusan Akuntansi. Sama hal nya seperti jurusan Manajemen, peminat jurusan akuntansi ini selalu menjadi yang terfavorit.

  1. Ilmu Hukum

Sebanyak 81.050 peserta memilih jurusan Ilmu Hukum. Pada program studi ini mahasiswa mempelajari seluk-beluk teori dan praktek hukum. Jika Kamu ingin menjadi pengacara atau notaries, Kamu harus magang di kantor hukum, tes advokat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2.

  1. Kedokteran

Sebanyak 64.744 peserta memilih jurusan Kedokteran. Jurusan ini merupakan program studi Saintek yang paling diminati walaupun terkenal juga dengan biaya kuliah yang mahal. Untuk menjadi seorang Dokter setelah S1, Kamu harus lanjut ke program profesi, sumpah dokter, dan magang selama 1 tahun.

  1. Teknik Sipil

Sebanyak 62.957 peserta memilih jurusan Teknik Sipil. Saat ini, Indonesia memang sedang gencar membangun infrastruktur, sehingga memerlukan puluhan ribu lulusan Teknik Sipil.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang tidak terlalu membebani, kenapa begitu? Karena kurang lebih Ilmu yang akan dipelajari secara tidak langsung dan kebanyakan sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Ilmu Komunikasi terdapat beberapa program studi diantaranya seperti Public Relations, Broadcasting, DKV dan lainnya.

  1. Teknik Informatika

Seiring dengan perkembangan zaman, jurusan Teknik Informatika sangat banyak diperlukan dalam hal-hal teknologi. Jurusan ini mempelajari tentang, software, jaringan, coding, dan implementasinya dalam dunia bisnis.

  1. Psikologi

Jurusan Psikologi ini mempelajari tentang manusia dari segi mental, perilaku dan pikirannya. Jurusan ini mempelajari dua ilmu sekaligus yaitu ilmu social dan sains.

  1. Farmasi

Jurusan Farmasi ini banyak sekali terdapat Ilmu-ilmu Kimia di dalamnya. Jurusan ini mempelajari bagaimana struktur senyawa dan cara mengolah, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi dan menganalisa obat.

  1. Agribisnis

Jurusan Agribisnis adalah jurusan yang memadukan Ilmu Pertanian dan Ilmu Ekonomi. Agribisnis mempelajari manajemen dan bisnis dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan serta dapat mengolah hasil tani/ternaknya. Jurusan Agribisnis saat ini sedang naik daun karena mengingat Indonesia adalah Negara agraris dengan kekayaan alam yang begitu melimpah ruah

 

 

(Monika | Foto: cebuin.com | Editor: Amalia R )

Send this to a friend