10 Jenis Tumbuhan Alami yang Sangat Berguna bagi Kecantikan Tubuh

Mungkin banyak dari kita yang tak menyadari bahwa semua yang kita butuhkan telah tersedia di sekitar kita. Seperti sebuah penyakit berat, yang ternyata obatnya ada di sekitar kita.

Sama halnya juga dengan untuk perawatan tubuh untuk kecantikan diri. Ternyata beberapa tumbuhan dapat dimanfaatkan khasiatnya untuk kecantikan tubuh.

Makanya, bagi kalian yang suka menggunakan obat-obatan. Mulai dari sekarang stop ya! Karena itu tidak baik.

Berikut 10 jenis tumbuhan alami di sekitar kita yang sangat amat berguna bagi kecantikan tubuh;

 

  1. Kelapa

Kelapa merupakan bahan yang berguna mulai dari kulit hingga buahnya. Dalam perawatan kecantikan tradisional, minyak kelapa dicampur dengan potongan pandanwangi, daun orang-aring, dan daun mangkokan kemudian dimasak bersama rempah-rempah yang harum, kemudian tambahkan ‘minyak cem-ceman‘.

Bila dicampur lebih lanjut dengan pala (kemiri) adalah tonik rambut tradisional. (Minyak cem-ceman) mampu mengintensifkan warna rambut.

  1. Beras

Bahan alaminya dari butiran beras menyebabkan kulit menjadi halus dan lembut dengan kontak berkepanjangan. Tepung beras dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk melembutkan dan melenturkan kulit wajah.

Selain itu beras yang dicampur dengan kencur lalu ditumbuk menjadi bubuk juga dapat digunakan sebagai bedak wajah dingin cocok untuk membersihkan wajah, dengan manfaat tambahan dari pelunakan kulit wajah. Hal ini pada gilirannya dapat dicampur dengan air mawar untuk membuat bubuk harum menjadi harum.

  1. Kenanga

Bagian dari kenanga yang paling banyak digunakan untuk kosmetik alami adalah bunganya. Merupakan ekstrak untuk parfum dan aroma terapi karenasifatnya yang sangat harum.

Ketika digunakan sebagai sabun, kenanga efektif sebagai bahan balancing untuk kulit berminyak dan kering kulit. Selain itu, minyak kenanga dapat digunakan sebagai stimulan pertumbuhan rambut.

  1. Sirih

Sirih ini digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya dengan meminum rebusan daun sirih yang direbus dengan temulawak.

Selain itu sirih juga bisa digunakan sebagai pembersih daerah kewanitaan tradisional. Hal ini membantu untuk menjaga daerah agar tetap bersih dan segar.

  1. Pandan Wangi

Pandan wangi sering digunakan sebagai bahan aromatik dalam solusi kosmetik. Pandan juga digunakan sebagai campuran dalam tradisional hair tonic pada ‘minyak cem-ceman‘.

Pandan wangi juga digunakan dalam perawatan kecantikan sebagai salah satu bahan dalam lulur tradisional. Biasanya dicampur dengan kunyit dan tepung beras.

  1. Delima

Ekstrak kulit delima digunakan sebagai astringent yaitu suatu bahan yang cenderung mengecilkan atau membatasi jaringan tubuh. Biasanya untuk mengurangi keriput serta membantu menghilangkan jerawat.

Delima juga sering digunakan sebagai sampo. Solusi mudah untuk rambut yang sering dilanda ketombe.

  1. Asam Jawa

Dalam kosmetik, ekstrak asam digunakan sebagai krim pelembab. Hal ini juga digunakan sebagai efoliator kulit.

Selain itu ekstrak asam dapat digunakan sebagai campuran dalam kondisioner. Hal ini berguna untuk mencegah rambut rontok dan ketombe.

  1. Kunyit

Kunyit telah digunakan secara tradisional di Indonesia. Sebagai bumbu masak adalah yang paling umum.

Namun ada fungsi lain dari bahan rempah yang satu ini. Salah satunya sebagai bahan dalam masker tubuh yang berfungsi untuk melunakkan kulit dan juga sebagai solusi pelangsing tubuh.

  1. Jahe

Jahe merupakan ‘teman’ dari kunyit dalam kategori bumbu dapur. Sudah sangat terkenal dan mudah sekali didapat.

Selain nikmat dikonsumsi, manfaat lain dari jahe salah satunya baik untuk kecantikan tubuh. Minyak esensial jahe digunakan untuk antioksidan dan sifat anti septik.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah umum digunakan sebagai bahan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Selain bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok lidah lidah buaya juga bermanfaat untuk penyubur rambut.

Sifat astringent pada lidah buaya berfunsi sebagai penetral lemak yang menumpuk pada lapisan kulit. Sementara antibakterinya berguna sebagai pembunuh bakteri penyebab jerawat.

(RIO | Photo: ecowoman.de)

Author: redaksi

1377 stories / Browse all stories
redaksi

Related Stories »

Servio Mentalitu care Disc Tarra photo

Music Video : Ardhito Pramono »

Mentalitu care Mentalitu care Mentalitu care

Sehatmental.id »

Survey Destinasi Domestik »

Destinasi Domestik Favorit Anda 2017 ?

Survey Maskapai Penerbangan »

Maskapai Favorit Anda 2017 ?

Survey Makanan Favorit »

Makanan Favorit Anda dari Mancanegara ?

Survey Kegiatan di Mall »

Hal yg Paling Anda Sukai di Mal ?

Send this to a friend